Mohon tunggu...
Sekar Ayu
Sekar Ayu Mohon Tunggu... Freelancer - Manusia Kecil Berharap Bisa Bermanfaat Besar.

menulis adalah bagian dari mengeluarkan energi dan isi kepala, saat sibuk bertanya dan menganalisa dari sudut pandangku. #ssayuf

Selanjutnya

Tutup

Love Pilihan

Lima Pertimbangan Memilih Pasangan

19 Agustus 2021   16:40 Diperbarui: 19 Agustus 2021   16:40 142 6 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Lima Pertimbangan Memilih Pasangan
Love. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Prostooleh

Banyak cara menentukan pilihan pasangan untuk menikah, mulai dari melihat bibit bebet dan bobot nya sampai juga melihat berapa penghasilannya selama satu bulan. Apakah ini salah?  tentu tidak, penentuan pilihan dan bagaimana cara kita melihat pasangan tentu tiap individu berbeda-beda. 

Dalam Agama Islam pun Rasulullah SAW memberikan kriteria untuk memilih pasangan: "Wanita itu dinikahi karena empat hal, karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya dan karena agamanya. Maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu akan beruntung." (HR. Bukhari, Muslim, dan Abu Daud) 

Lalu bagaimana sebagai seorang wanita menentukan pria pilihannya untuk menikah. Dalam tulisan ini, izinkan saya berbagi nasihat Pakde saya, bagaimana saran beliau untuk saya menentukan pilihannya, ditambah dengan dua pertimbangan saya. 

1. Lihat Bagaiman Ego Dia 

Setiap manusia tentu memiliki ego, rasa ingin didengar, rasa ingin dimengerti, rasa ingin dihargai. Tapi ketika Ego ini terlalu besar dan akhirnya mematahkan mimpu mu atau membuat mu terluka itu perlu direnungkan kembali apakah memang dia yang kita butuhkan?

Ukur ego dia dengan skala menurut kamu, berapa ketentuan kamu untuk bisa mentoleransi Egonya. Karena dalam perjalanan pernikahan tentu akan banyak perdebatan dan perbedaan, jika tidak ada kompromi dengan pasangan bagaimana nanti akan melewati ini? bisa saja kamu malah menggugurkan kebahagiaan mu dan membuat luka batin tanpa kamu sadari. 

2. Lihat Bagaimana Emosi Dia 

Emosi ini sangat berpengaruh terhadap kebahagiaan rumah tangga kalian, kelak kita akan menghasilkan keturunan. Bagaimana jika ternyata dia tumbuh dengan begitu banyak tekanan emosi? Emosi ini juga penting dilihat untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga, baik verbal maupun non verbal. 

3. Lihat Bagaimana Empati Dia

Empati, salah satu sikap yang timbul karena adanya kepekaan kita dalam melihat sesuatu, berusaha untuk menolong dan memberikan perhatian. Empati adalah aksi yang dia lakukan, semisal kamu sedang dalam kesultan dan membutuhkan bantuan apakah dari sini pasanganmu sudah dengan inisiatif membantu mu? atau harus diminta terlebih dahulu. 

Dalam pernikahan kita saling tumbuh bersama, saling tolong menolong dalam kasih dan sayang. Rasanya sedih ketika orang yang kamu harapkan akan membantu ternyata acuh dengan kamu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Love Selengkapnya
Lihat Love Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan