Mohon tunggu...
Sekar Nurcahyani Sutrisno
Sekar Nurcahyani Sutrisno Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya memiliki hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Unnes GIAT 3 Desa Karangduwur Selenggarakan Pelatihan Kewirausahaan Puding Tape untuk Siswa SD

5 Desember 2022   05:46 Diperbarui: 5 Desember 2022   05:48 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kelompok Unnes GIAT 3 Desa Karangduwur menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan untuk siswa Sekolah Dasar. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16 November 2022 hingga 19 November 2022.

Pelatihan kewirausahaan ini bertujuan untuk menambah nilai jual dari singkong. Banyaknya hasil singkong di lingkungan Desa Karangduwur merupakan salah satu alasan mengapa bidang wirausaha yang dipilih merupakan hasil dari pengolahan singkong.

Singkong yang biasanya hanya dijual kepada pengepul dalam bentuk singkong mentah, dapat diolah menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Pelatihan kewirausahaan ini di fokuskan pada siswa kelas 6. Dimana siswa pada usia tersebut sudah dinilai matang dan mampu menyerap ilmu dari pelatihan yang dilakukan.

Pelatihan ini diawali dengan mengolah singkong menjadi tape. Singkong mentah harus dikukus terlebih dahulu hingga setengah matang, kemudian setelah itu, singkong dapat diberi ragi agar proses fermentasi dapat berlangsung. Proses fermentasi singkong menjadi tape membutuhkan waktu 2 hingga 3 hari.

Setelah proses fermentasi, singkong akan berubah menjadi tape. Setelah itu, tape akan diolah menjadi puding.

Bahan yang diperlukan untuk pembuatan puding tape cukup sederhana yaitu tape, bubuk agar-agar, susu UHT, gula, dan vanili.

Proses pembuatan puding tape juga tidak memakan waktu yang lama dan cara pembuatannya yang tergolong mudah. Langkah pembuatan puding tape yaitu dengan menghaluskan tape terlebih dahulu, kemudian campur tape yang sudah halus dengan bahan lainnya. Setelah itu masak tape hingga mendidih, kemudian cetak adonan menggunakan cetakan yang tersedia.

Melalui pelatihan ini, siswa diharapkan mampu melakukan kegiatan kewirausahaan sendiri. Sehingga dapat menaikkan nilai jual singkong di Desa Karangduwur.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun