Mohon tunggu...
SehatQ
SehatQ Mohon Tunggu... SehatQ

Asisten Kesehatan Keluarga Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

7 Cara Mengatasi Sakit Kepala Belakang

16 Juli 2019   16:27 Diperbarui: 19 Juli 2019   10:00 0 1 1 Mohon Tunggu...
7 Cara Mengatasi Sakit Kepala Belakang
shutterstock.com

Sakit kepala adalah keluhan yang pernah dialami oleh semua orang. Sakit kepala dapat dirasakan pada beberapa daerah kepala, salah satunya adalah di kepala belakang. Obat antinyeri memang biasanya ampuh untuk mengatasi sakit kepala jenis ini. Namun konsumsi yang terlalu sering justru dapat menimbulkan sakit kepala.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Belakang

Berikut ada beberapa cara mudah yang dapat Anda coba untuk mengatasi sakit kepala belakang:

Kompres Dingin

Kompres dingin dapat membantu mengurangi rasa nyeri. Tempelkan es batu yang dibungkus handuk atau kain ke bagian kepala yang sakit selama 15 menit. Mandi air dingin juga dipercaya bisa mengurangi sakit kepala.

Kompres Hangat

Kompres hangat dapat mengurangi sakit kepala akibat tension type headache. Selain kompres hangat, mandi air hangat juga dapat membantu mengurangi sakit kepala.

Lepaskan Tekanan dari Kepala atau Kulit Kepala

Sakit kepala dapat disebabkan oleh tekanan pada luar kepala, misalnya akibat penggunaan topi, bando, ikat kepala, atau kaca mata renang. Lepaskan benda-benda tersebut untuk mengurangi sakit kepala. Bahkan ikat rambut yang terlalu kencang juga dapat menyebabkan sakit kepala.

Hindari Terlalu Banyak Mengunyah

Kebiasaan mengunyah permen karet, menggigit kuku atau bibir, atau menggigit pulpen, ternyata dapat menyebabkan sakit kepala. Hindari kebiasaan-kebiasaan tersebut. Selain itu, coba makan dengan potongan makanan yang kecil, serta hindari makanan yang terlalu padat dan lengket.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x