Mohon tunggu...
SehatQ
SehatQ Mohon Tunggu... SehatQ

Asisten Kesehatan Keluarga Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pilihan Makanan Sehat Hasil Fermentasi

11 Juli 2019   09:53 Diperbarui: 16 Juli 2019   16:01 70 1 1 Mohon Tunggu...

Makanan hasil fermentasi dianggap sebagai makanan sehat karena mengandung probiotik, yaitu bakteri-bakteri baik yang muncul saat proses fermentasi makanan dan bisa membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan serta membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Berikut ini daftar makanan sehat hasil fermentasi yang bisa dimasukkan dalam menu Anda. Beberapa di antaranya sangat mudah didapat dan bisa jadi sudah sering Anda santap.

Tempe

Ya, makanan yang merakyat ini dibuat dari fermentasi kedelai sehingga sebenarnya kaya probiotik. Rasanya gurih, harganya relative murah, mudah diolah menjadi aneka masakan dan camilan. Tetapi ini bukan berarti Anda bisa ngemil gorengan tempe tiap hari ya, karena meski pun bahannya tempe, tetap saja kandungan minyak dan lemaknya bisa berdampak kurang baik bagi kesehatan Anda.  

Kimchi

Dengan makin populernya budaya serta masakan Korea di Indonesia, kimchi bukanlah sesuatu yang asing lagi dan sekarang cukup mudah ditemukan di supermarket. Makanan berupa sawi yang difermentasi ini rasanya campuran asin, asam dan pedas, bisa langsung dimakan atau campurkan dalam mie rebus, nasi dan sebagainya.

Miso

Penggemar makanan Jepang pasti tak asing dengan miso, yaitu pasta hasil fermentasi kedelai dengan cita rasa yang sangat kuat. Biasanya pasta ini digunakan sebagai campuran kuah sup dan bisa juga digunakan sebagai bumbu marinade pada ikan dan ayam. Tidak perlu menggunakan pasta miso dalam jumlah banyak karena makanan fermentasi ini tinggi kandungan garamnya.

Yogurt

Kalau yang satu ini pasti sudah sangat dikenal sebagai salah satu makanan sehat hasil fermentasi susu. Bagi mereka yang mengalami intoleransi laktosa, yogurt tetap bisa dinikmati karena probiotik ikut mencerna sebagian dari laktosa susu. Rasanya yang asam segar cocok sebagai santapan pencuci mulut dan cocok juga dijadikan saus salad buah.

Kefir

Kefir mirip dengan yogurt dalam arti keduanya adalah hasil dari fermentasi susu, tetapi ada perbedaan pada jenis bakteri yang digunakan dalam proses fermentasi, serta perbedaan citarasa dan konsistensi produk. Meski demikian manfaat kefir untuk menjaga kesehatan saluran cerna tetap mirip dengan yogurt.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x