Mohon tunggu...
SehatQ
SehatQ Mohon Tunggu... SehatQ

Asisten Kesehatan Keluarga Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Cegah Tumit Bengkak dengan Stretching

11 Juni 2019   16:33 Diperbarui: 12 Juni 2019   14:11 0 2 0 Mohon Tunggu...
Cegah Tumit Bengkak dengan Stretching
bayareaorthofl.com

Tumit bengkak tentu saja mengganggu aktivitas sehari-hari. Mulai dari bangun tidur beranjak dari kasur, hingga saat berjalan di tempat kerja. Tentu Anda tidak mau kondisi ini menimpa Anda.

Kondisi tumit bengkak dan sakit di daerah belakang tumit biasanya disebabkan oleh peradangan pada jaringan yang menghubungkan otot betis dan tulang tumit. Jaringan ini disebut tendon achilles.

Peradangan tendon achilles dapat terjadi akibat trauma, penggunaan yang berlebih, kurangnya pemanasan saat olahraga, dan banyak lainnya yang melibatkan otot betis dan gerakan menekuk pergelangan kaki ke atas dan ke bawah.

Cara mencegah tumit bengkak

Namun tumit bengkak akibat kondisi tersebut dapat dicegah dengan peregangan sebagai berikut.

  • Posisikan diri Anda berdiri tegak, kemudian posisikan tubuh Anda ke arah depan dengan telapak kaki tetap menempel pada lantai. Anda dapat melakukannya berhadapan dengan tembok atau berpegangan pada sesuatu agar tidak terjatuh.
  • Posisi lain dapat dilakukan dengan berdiri tegak, lalu buatlah satu langkah dengan salah satu kaki yang diikuti oleh tubuh Anda. Pastikan telapak dari kaki yang tidak melangkah tetap menempel seluruhnya pada lantai.

Kedua peregangan di atas membuat sudut antara punggung kaki dan betis Anda. Kondisi ini membuat otot betis menjadi kencang dan meregangkan tendon achilles agar semakin kuat dan siap untuk digunakan. Lakukan peregangan setiap pagi sebelum Anda melakukan aktivitas.

Olahraga rutin juga membantu memperkuat tendon Anda. Hanya saja, sesuaikan olahraga dengan kondisi Anda. Mulai dengan instensitas rendah dan tingkatkan secara perlahan.

Kombinasikan olahraga Anda dengan olahraga yang tidak membebani tumit Anda. Kombinasi seperti jogging dan renang dapat membantu mengistirahatkan tumit Anda sementara Anda tetap dapat berolahraga.

Selain aktivitas tubuh, hal penting yang perlu diperhatikan adalah alas kaki atau sepatu. Pastikan Anda memilih sepatu dengan tepat. Sesuaikan bentuk kaki, ukuran, dan aktivitas Anda dengan sepatu yang akan Anda pakai. Utamakan kenyamanan dibanding penampilan untuk kaki Anda.

Terakhir, berat badan ideal merupakan salah satu kunci menjaga kesehatan tubuh dan juga tumit Anda. Berat badan yang berlebih membuat beban yang ditanggung tumit semakin berat sehingga semakin berisiko mengalami peradangan.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x