MAHENDRA RAFLI WIJAYA
MAHENDRA RAFLI WIJAYA Mohon Tunggu... Mahasiswa - D-IV KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

HAI SAYA ADALAH MAHASISWA DI UNIVERSITAS NAHDATUL ULAMA' SURABAYA, SEMOGA ARTIKEL SAYA BISA BERMANFAAT UNTUK KALIAN SEMUA TERIMAKASIH.

Diary Pilihan

Perjalanan ke Beberapa Kota

7 November 2022   21:53 Diperbarui: 7 November 2022   22:39 195

Saya akan menceritakan perjalanan ke ibu kota Jakarta pada tahun 2019 pada saat liburan lebaran. Waktu itu saya pergi sendirian karena keluarga saya berhalangan hadir untuk bersilaturrahmi di sana, sebelum keberangkatan saya mulai packing jauh jauh hari dan mempersiapkan apa saja yang saya bawa selama 1 bulan full untuk kebutuhan disana.

Saya ingat waktu itu jadwal kereta api saya pada jam 9 malam dan akan tiba pada jam 4 pagi turun di stasiun Tegal.

Selama saya berada di kereta api saya sangat grogi dan sedikit khawatir karena ini adalah pertama kali saya bepergian jauh seorang diri dan saya masih duduk di bangku SMA kelas 1, di kereta api saya bingung mau melakukan apa  di depan, kanan dan kiri saya orang asing kemudian agar tidak canggung saya memberanikan diri untuk menyapa dan mengobrol santai dengan mereka meskipun terasa tidak nyaman.

Setelah saya menunggu selama beberapa jam keretanya sudah sampai di stasiun Tegal, sampai disananya saya disambut oleh sepupu saya untuk melanjutkan perjalanan ke daerah brebes menempuh 2 jam perjalanan.

Saya di  sana tinggal selama hampir 1 bulan lamanya, saya sebenarnya tidak bisa bersosialisasi dengan orang asing disana saya berusaha belajar agar bisa nyaman dilingkungan baru, mungkin kalau ada ayah saya akan sedikit membantu untuk memperkenalkan kepada orang-orang disana.

Dipertengahan bulan saya ingat saya diajak om saya ke sawah dan ke kebun untuk membantu mengambil padi dan ubi-ubian untuk makan malam. Setelah 1 bulan disana saya lanjut perjalanan ke jakarta untuk mengunjungiteman saya disana, saya menemui teman lama saya untuk memberikan arahan dan informasi apa saja alur yang saya pilih untuk naik kendaraan umum.

Disana saya pergi ke monas lalu mengunjungi pondok yang di tempati oleh teman-teman saya kebetulan mereka juga menjadi guru disana. Saya juga mencoba kuliner dan favorit saya adalah kerak telor. Setelah beberapa hari disana saya pulang ke surabaya untuk melanjutkan aktivitas seperti biasanya.

Dokpri

Singkat cerita tahun 2022 liburan lebaran saya mudik lagi lagi sendirian saya flashback seperti tahun sebelumnya.

Tetapi beda ditahun ini saya pergi ke kampung halaman ibu saya dengan teman saya yang berada di Caruban, kebetulan rumah saudara saya dan desa teman saya tidak terlalu jauh jaraknya, lalu kami berencana untuk berangkat bersama. Ini juga pertama kali saya naik motor yang jauh jaraknya.