Mohon tunggu...
Sefri Ton
Sefri Ton Mohon Tunggu... Penulis - Sang Pujangga

Suka jalan, suka nulis, suka nyanyi, suka main bola, suka hati

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Tahun 2023 Harga Rokok Naik, Lebih Baik Istri Operasi Plastik

5 November 2022   15:30 Diperbarui: 5 November 2022   15:33 329
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kisaran Harga Jenis Rokok di Mini Market tahun 2022 & 2023. Sumber: data diolah dari solopos.com

Pemerintah akan menaikkan harga cukai rokok sebesar 10-12 persen di tahun 2023 dan 2024. Naiknya cukai rokok tentu membuat harga rokok semakin tinggi. Mendengar informasi ini membuat Samsul galau, kepikiran dan stress. Samsul adalah seorang suami, yang mempunyai seorang istri dan seorang anak yang masih kecil. Samsul galau tahun 2023 semua kebutuhan hidup harganya naik, dan pekerja terancam di PHK. Dia hanya seorang karyawan biasa di perusahaan.

Samsul duduk termenung, ia mengingat ocehan istri semalam. Istrinya mengingatkan kalau uang bulanannya kurang. kebutuhan susu dan jajan anak banyak. Istrinya juga mengeluh, selama ini butuh uang untuk merawat diri. Tetangga sering bergosip, dan menyatakan istrinya Samsul tidak terawat. Padahal sebelum menikah, istrinya selalu merawat diri. Istrinya menyadari bahwa jika tidak merawat diri, mungkin Samsul bisa jatuh ke wanita lain. Apalagi sekarang banyak pelakor.

Samsul sendiri seorang perokok aktif. Sehari ia akan menghabiskan sebungkus rokok. Istrinya sering marah menyuruh berhenti merokok. Jadi uangnya bisa dipakai untuk kebutuhan. Jika di rumah mereka sering cekcok. Samsul duduk merenung, kepikiran keharmonisan keluarga dan lain sebagainya. 

Otaknya serasa penuh dengan pikiran. Demi keluarga Samsul mulai menghitung semua kebutuhan. Dia berpikir untuk berhenti merokok. Sementara harga rokok tahun 2023 pasti naik. Setiap hari ia habiskan rokok sebungkus dengan harga tiga puluh satu ribu tiga ratus lima puluh rupiah.

Dalam waktu sebulan dapat menghabiskan uang sebesar sembilan ratus empat puluh ribu lima ratus rupiah. Selanjutnya dalam waktu setahun bisa mencapai sebelas juta dua ratus delapan puluh enam ribu rupiah. Angka yang sangat fantastis. Samsul sambil menggelengkan kepala. Ia harus melakukan sesuatu.

Samsul mulai berhayal dan muncul ide. Dia ingin berhenti merokok. Uangnya bisa tabung dan istri bisa perawatan, sekalian bisa operasi plastic. Operasi plastic supaya tampil cantik dan seksi.  Dari pada tiap hari ribut dengan istri hanya karena ingin perawatan. 

Samsul terinspirasi karena menonton film Korea. Operasi plastic menurut seputarnusa.com ternyata murah. Harga mulai dari empat belas juta rupiah. Artinya Samsul bisa berhenti merokok tahun 2023-2024, istri sudah bisa operasi plastic.

Ilustrasi Samsul Berpikir Sambil Menikmati Rokok. Sumber: nationalgeographic.grid.id
Ilustrasi Samsul Berpikir Sambil Menikmati Rokok. Sumber: nationalgeographic.grid.id

Jika terwujud maka jelas Samsul akan memiliki istri makin cantik, keluarga sehat, tetangga tidak bergosip lagi, dan ia akan terhindar dari godaan wanita lain. Keluarga akan bahagia, terhindar dari sakit. Manfaatnya banyak Samsul bisa turut mendukung program pemerintah menuju Indonesia sehat 2025. Luar biasa, amal yang ia perbuat, mungkin akan memperoleh penghargaan dari negara. Sambil berhayal tidak sadar kalau Samsul sudah habiskan satu bungkus rokok. Hehehehe

Cerita ini hanyalah fiktif belaka. Menanggapi naiknya cukai rokok tentu pemerintah mempunyai alasan untuk Bangsa Indonesia. Pemerintah melihat bahwa konsumsi rokok di Indonesia masih tinggi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun