Mohon tunggu...
Sefri Ton
Sefri Ton Mohon Tunggu... Penulis - Sang Pujangga

Suka jalan, suka nulis, suka nyanyi, suka main bola, suka hati

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Kebiasaan Menonton Televisi, Lihat Dampaknya bagi Kita dan Anak Indonesia

9 Agustus 2022   20:35 Diperbarui: 9 Agustus 2022   20:44 279 8 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi TV 24 inci merek Fuji Electric 

Kita ketahui bahwa televisi adalah media massa yang sangat banyak manfaatnya. Manfaat televisi bisa sebagai sumber informasi. 

Dari dulu orang akan menyukai televisi untuk menonton berita, edukasi, hiburan, media promosi dan lainnya. Pihak televisi pun akan berusaha sedemikian rupa sehingga menayangkan hal-hal yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan audies. 

Pihak televisi menghadirkan program-program yang berbeda-beda baik untuk pendidikan, berita, atau jenis hiburan. Ternyata orang Indonesia sangat suka menonton.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh PT Neilson Company Indonesia, bahwa orang Indonesia paling dominan menonton televisi pada Bulan Ramadhan. Hal ini dikarenakan orang Indonesia beragama Islam sekitar 273,32 juta orang atau 86,9% dari total populasi. Kebiasaan masyarakat Indonesia selalu berkumpul di bulan puasa. 

Ketika berkumpul maka mereka akan mencari hiburan di media televisi. Angka Rating menonton orang Indonesia bulan Ramadhan tahun 2019 sekitar 13,4%, tahun 2020 naik menjadi 14,6% dan pada tahun 2021 menurun menjadi 11,8%. Pada tahun 2021 orang Indonesia tetap menonton, namun berpindah untuk menonton lewat media digital.

Ilustrasi dari TribunSolo.com
Ilustrasi dari TribunSolo.com

Minat masyarakat Indonesia menonton televisi tergolong tinggi. Berdasarkan hasil survey Indikator Politik menemukan bahwa masyarakat paling banyak menonton sinetron dan pertandingan olahraga

Data Emtek menunjukan bahwa stasiun televisi RCTI yang paling banyak ditonton dan mencapai audience share sebesar 18,9%. Selanjutnya diikuti oleh Indosiar (18,8%), SCTV (16,9%), MNCTV (9,4%) ANTV (8,8%) GTV (7,8%), Trans 7 (7,7%) dan Trans TV (6,4%) sedangkan televisi lain seperti TV One dan Metro TV masing-masing hanya mendapat audiens share sebesar 2,7%, dan 1,2%.

Kenyataan bahwa stasiun televisi seperti RCTI, Indosiar dan SCTV banyak menayangkan sinetron dan olahraga. Jenis olahraga yang banyak digemari di Indonesia yaitu sepak bola. Pertandingan liga-liga Eropa banyak ditayangkan di RCTI dan liga domestik ditayangkan oleh Indosiar. Selain itu masyarakat Indonesia paling gemar menonton sinetron. 

Umumnya sinetron yang sangat digemari berada di stasiun Indosiar, SCTV dan RCTI. Sedangkan Menurut Reuters Institute masyarakat menonton televisi dengan tujuan mendapatkan berita teraktual kecenderungan menonton di stasiun TV One, Kompas, Metro TV dan Trans TV.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan