Mohon tunggu...
sigit kurniawan
sigit kurniawan Mohon Tunggu... Guru Matematika

saya seorang guru matematika yang sedang mengikuti diklat online dari diklatonline.p4tkmatematika.org

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Cermin Atasan

13 November 2016   18:46 Diperbarui: 13 November 2016   18:57 23 0 0 Mohon Tunggu...

Loyalitas kerja diartikan bahwa seorang pekerja wajib mencurahkan seluruh potensi yang dimiliki kepada pemberi kerja sehingga "disalahtafsirkan" bahwa pekerja yang dalam bbekerja sering lembur maka yang bersangkutan akan lebih loyal kepada tempat kerjanya. Pertanyaannya apakah benar demikian?  

Menurut penulis hal tersebut bukan salah namun kurang tepat, orang dinyatakan memiliki loyalrias tinggi bilamana dia memiliki ritme kerja yang 

1. Bekerja dengan cara cerdas 

2. Buah pemikirannya dapat membuat lebih berkembang 

3. Selalu berpikir positif dalam melaksanakan pekerjaan

Bekerja dengan cara cerdas 

A. Maksudnya pekerja terssebut mampu membagi waktu kapan dia harus bekerja cepat dan kapan dia harus bekerja santai. Bekerja cepat diartikan bekerja dengan cekatan dan cermat, sehingga apa yang telah disampaikan dari atasananya sungguh dapat dikerjakan dengan baik dengan tingkat kesalahan minimal sehingga alokasi waktu yang digunakan sangat efektif dan dapat menghindari yang namanya bekerja lembur. Bukankah dengan lembur perusahaan akan mengkeluarkan dana lebih untuk dibayarkan kepada pekerja yang melakukan lembur? 

Semakin banyak pekerja yang lembur dan waktu lemburnya lama akan dapat merugikan terhadap keuangan perusahaan? 

Nah hanya dengan menggunakan salah satu indikator ini saja maka bagian SDM perusahaan dapat menilai kemampuan pekerjanya 

B. Buah pemikirannya dapat membuat lebuah berkembang

Seandainya anda jadi atasan jangan suka memiliki "anak buah" yang selalu berkata "iya Pak, akan segera kami laksanakan", "maaf Pak, kesalahan saya dan segera akan kami perbaiki" ataupun "terima kasih atas masukkan bapak, kedepan bapak akan menjadi pimpinsan yang sangat luar biasa" . Namun berbahagialah bila anda memiliki "anak buah yang sanggup berkata : maaf Bapak apakah yang Bapak sampaikan tadi memiliki dampak yang signifikan kepada perusahaan?"  Secara sepintas aanda pimpinang akan sangat tersinggung pada anak buah anda yang terlalu berani berkata demikian namun coba anda lihat dari sisi lain bahwa anak buah yang demikian mencerminkan bahwa dia memang memiliki sebuah idealis dan loyalitas yang sangat luar biasa. Mengapa? Ya karena dengan mengajukan sanggahan "apakan benar keputusan Bapak memiliki dampak yang signifikan atas perusahaan? Berarti dia memiliki sudut pandang lain atau akibat lain yang kemungkinan daoat terjadi pada perusahan apabila sebagai ppimpinan aanda "nekat" melaksanakan keputusan anda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x