Mohon tunggu...
sigit kurniawan
sigit kurniawan Mohon Tunggu... Guru Matematika

saya seorang guru matematika yang sedang mengikuti diklat online dari diklatonline.p4tkmatematika.org

Selanjutnya

Tutup

Media

Guru Itu Pekerjaan atau Profesi?

5 Januari 2016   10:22 Diperbarui: 5 Januari 2016   10:53 2058 1 0 Mohon Tunggu...

Selamat siang Pak Guru. Selamat siang Bu Guru.

Itulah sapaan siswa kepada guru saat berpapasan di lingkungan sekolah.

Benarkah guru merupakan sebuah pekerjaan yang oleh masyarakat guru dinilai person yang memiliki serangkaian talenta mengajarkan serangkaian ilmu pengetahuan yang didasarkan pada pembuktian ilmiah masing-masing mata pelajaran?

Menurut pendapat penulis guru bukan merupakan pekerjaan. Guru merupakan sebuah niat seorang untuk membagikan ilmunya secara maksimal kepada siswanya. Apakah pembaca dapat membedakan antara profesi dengan niat berbagi (mungkin supaya mudah dipahami guru merupakan sebuah hobby yang profesional yang kemudian disebut sebagai profesi)?

Pekerjaan menurut wikipedia.org (https://id.wikipedia.org/wiki/Pekerjaan?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C3324068740) : Pekerjaan secara umum didefinisikan sebagai sebuah kegiatan aktif yang dilakukan oleh manusia. Dalam arti sempit, istilah pekerjaan digunakan untuk suatu tugas atau kerja yang menghasilkan sebuah karya bernilai imbalan dalam bentuk uang bagi seseorang. Dalam pembicaraan sehari-hari istilah pekerjaan dianggap sama dengan profesi.

Profesi menurut wikipedia.org (https://id.wikipedia.org/wiki/Profesi?_e_pi_=7%2CPAGE_ID10%2C8764165780) : Profesi juga sebagai pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi,kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi adalah pada bidang hukum,kedokteran,keuangan,militer, teknikdesainer, tenaga pendidik.

Narasi penulis :

Tampak perbedaan mencolok antara pekerjaan dan profesi, hal ini sangat bergantung dari tujuan sebuah pekerjaan itu sendiri. Apabila suatu pekerjaan itu dilakukan secara serius dengan tujuan menghasilkan sesuatu yang dapat dihargai dengan sejumlah rupiah maka hal tersebut hanya akan menjadikan suatu profesi menjadi sebuah pekerjaan dan dalam jangka panjang akan terjadi suatu kejenuhan yang sangat luar biasa.

Namun apabila pekerjaan tersebut dilakukan dengan sepenuh hati dan bukan lagi memandang uang sebagai sebuah tujuan sebuah pekerjaan maka anda telah menjadikan diri anda sebagai seorang yang profesional dalam profesi anda masing - masing.

Perebatan kemudian akan muncul mana kala ada pembaca mengungkapkan sebuah pertanyaan. 'saya bekerja untuk mencari uang bukan mencari penghargaan semata'

Benar tidak dipungkiri bahwa semua orang yang bekerja pasti mencari uang, namun tolong supaya dapat dipahami bahwa uang yang didapat merupakan akibat dari kita melakukan suatu pekerjaan, apalagi pekerjaan yang sedang dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan tentunya dilakukan dengan sepenuh hati dan memberikan manfaat bagi orang lain atau lingkungan akan memberikan dampak yang sangat luar biasa.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x