Mohon tunggu...
SD Juara Surabaya
SD Juara Surabaya Mohon Tunggu... Guru - Sekolah

Sekolah tingkat Dasar binaan Rumah Zakat

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mari Urutkan dan Bandingkan Bilangan Bulat

7 September 2022   06:56 Diperbarui: 7 September 2022   07:05 149 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Surabaya (25/8). Pagi yang cerah, secerah raut wajah siswa kelas 1 yang akan belajar sambil bermain angka. Pagi itu siswa kelas 1 sebelum bermain angka, siswa melaksanakan GEMBIRA (Gerakan Membaca Insan Juara) terlebih dahulu.

Siswa kelas 1 dibagi menjadi 5 kelompok. Setiap kelompok berdiskusi untuk menentukan ketua kelompok. Setiap kelompok mendapatkan kotak bilangan dengan warna yang berbeda. Nama kelompok berdasarkan warna kotak bilangan. Setiap kelompok mendapatkan 10 lembar kotak bilangan. Setiap kelompok berisi siswa baik yang sudah bisa menulis maupun yang belum bisa menulis.

Ketua kelompok menujuk salah satu siswa untuk memilih kotak bilangan berdasarkan warna. Setelah dibawa menuju ke kelompok masing-masing, kotak bilangan disusun berdasarkan urutan bilangan yang benar. Setiap kelompok saling memeriksa urutan bilangan kelompok yang lain. 

Setelah memastikan urutan sudah benar, guru mengintruksikan untuk membuat perbandingan antara 2 bilangan bulat yang dipunyai. Perbandingan bisa "lebih besar dari" atau "lebih kecil dari". Setiap kelompok menentukan angka secara merdeka. "Bu, kelompokku sudah selesai. Aku sudah bisa mengurutkan", celoteh Ahmad. 

 "Butuh keseriusan dalam belajar. Bermain pun dengan butuh serius. Belajar sambil bermain membuat siswa kelas 1 nyaman saat belajar. Karena mereka dalam masa transisi dari Taman Kanak-Kanak ", Ujar Bu Fu selaku guru kelas 1. 

#SDJuaraSurabaya

#RumahZakat

#PPDBSDSby

#SekolahJuara

#IndonesiaJuara

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan