Mohon tunggu...
Sayyidati Fathimah
Sayyidati Fathimah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Hallo semuanya selamat datang, terimakasih telah berkunjung ke profil saya!. Mahasiswi aktif di Prodi PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini), Semester 7 IPMAFA PATI.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Budidaya Tanaman Apotek Hidup (Serai) di Pekarangan Rumah

19 September 2021   23:03 Diperbarui: 19 September 2021   23:25 132 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Budidaya Tanaman Apotek Hidup (Serai) di Pekarangan Rumah
dokumentasi pribadi

Dalam pelaksanaan program kerja individu KKN MDR (KKN Mandiri Dari Rumah) IPMAFA, Sayyidati Fathimah sebagai anggota KKN MDR Kelompok 26 (EPIDEMIC) mengadakan kegiatan Budidaya Tanaman Apotik Hidup (serai) di pekarangan rumah. Kegiatan tersebut diadakan dan diikuti oleh masyarakat di desa Jetak RT 01 RW 02, Kecamatan Wedarijaksa, Kabupaten Pati. Kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu tanggal 23 Agustus 2021, pukul 15.30 WIB.

Membudidayakan tanaman apotik hidup di halaman rumah memiliki segudang manfaat. Apalagi dalam masa pandemi Covid-19, tanaman apotik hidup bisa dikonsumsi untuk meningkatkan imun tubuh. Salah satu tanaman apotik hidup yang mudah dibudidayakan adalah serai atau dikenal dengan sereh. Serai merupakan tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai bumbu dapur ataupun minuman penghangat tubuh dan jenis tanaman perdu ( sejenis pepohonan yang tumbuh dekat dengan permukaan tanah dan dengan ketinggian tidak lebih dari 5-6 meter pada umumnya ) tinggi dengan tangkai daun yang memanjang.

Tanaman serai adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan. Tanaman serai merupakan tanaman daerah tropis dan merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah tumbuh. Tanaman ini bahkan bisa hidup di daerah pegunungan dengan ketinggin hingga 1800 m.dpl, meskipun tanaman serai ini hidup dengan baik di dataran rendah dengan ketinggian tanah sekitar 250 m.dpl.

Bahkan didaerah yang sangat miskin unsur harapun, tanaman serai masih bisa hidup dengan baik. Mula-mula, tanaman serai ini merupakan tanaman liar yang tumbuh dimana saja sebagaimana rumput-rumput lainnya. Karena masih sekeluarga dengan rumput, sebagaimana rumput lainnya, tanaman serai tidak mudah mati.

Tanaman serai tergolong tanaman apotik hidup serta tanaman herbal yang dikenal dengan aroma dan rasanya yang wangi dan menyegarkan. Manfaat dari tanaman serai ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti bahan baku herbal alami dan penyedap rasa masakan. Serta dapat meningkatkan sistem imunitas sehingga sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh. Selain itu, serai sangat mudah dibudidayakan di pekarangan rumah, baik dalam pot ataupun di polybag.

Berikut cara menanam serai sebagai berikut :

1. Tahap persiapan.

- Siapkan media tanam (tanah dan polybag)

- Bibit serai

2. Tahap penanaman

- Siapkan campuran tanah dan pupuk secara rata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan