Mohon tunggu...
Sayyida Salma Hudhoibi
Sayyida Salma Hudhoibi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Masih pemula dalam menulis

Mahasiswa Polimedia Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Jadikan Membaca sebagai Kebiasaan agar Memperoleh Keuntungan

20 September 2021   13:31 Diperbarui: 20 September 2021   13:35 74 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Membaca dan menulis adalah kegiatan yang tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari. Membaca dan menulis juga memiliki peran yang sangat penting apalagi di zaman yang sudah semakin maju, kita dituntut untuk bisa beradaptasi agar tidak mengalami kemunduran. Ada beberapa makna membaca dalam KBBI, salah satunya mengeja atau melafalkan apa yang tertulis dan mengucapkan sesuatu yang tertulis. Menurut Tampubalon (1987) membaca adalah suatu kegiatan atau cara dalam mengupayakan pembinaan daya nalar. Sedangkan makna menulis di dalam KBBI yaitu melahirkan pikiran atau perasaan (seperti mengarang dan membuat surat) dengan tulisan.

Banyak tujuan dari membaca dan menulis, 3 dari sekian banyak tujuan membaca menurut Farida Rahim (2008) adalah kita bisa memperoleh informasi, mendapatkan kesenangan, dan memperbaharui pengetahuan tentang suatu topik. Jika tujuan membaca adalah untuk memperoleh informasi maka tujuan dari menulis adalah kita bisa memberikan informasi yang kita ketahui kepada orang lain, kedua informasi yang kita berikan atau kita sampaikan akan memberikan wawasan baru dan memberikan hiburan bagi pembacanya.

Nah, antara membaca dan menulis ini saling berhubungan. Kenapa bisa? Karena jika kita sering membaca buku maka dari buku itu kita mendapatkan pengalaman dan memiliki kemampuan untuk menulis atau kata lainnya membaca bisa memengaruhi kemampuan menulis. Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam hal menulis karena sebelum kita membagikan tulisan atau suatu hal kepada orang lain maka kita harus memiliki ilmunya terlebih dahulu contohnya adalah dengan banyak membaca.

Membaca adalah keterampilan yang harus kita latih. Semakin sering membaca maka keterampilan itu akan semakin kuat dan rasa cinta terhadap membaca akan tumbuh dengan sendirinya. Membaca juga harus dibiasakan, misalnya dalam sehari kita membuat target membaca buku selama 2 jam. Dengan adanya kebiasaan tersebut maka kosakata atau informasi yang kita punya akan bertambah dan kesulitan dalam menulis jarang kita temukan.

Dengan membaca maka banyak manfaat yang bisa diambil, seperti dapat menemukan ide atau inspirasi baru untuk menulis. Dari menulis kita juga bisa menuangkan kreativitas yang kita miliki selagi tulisan itu bermanfaat dan tidak menyinggung perasaan orang lain.

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan