Mohon tunggu...
Sayurku
Sayurku Mohon Tunggu... Administrasi - Pencinta tanaman

Hobi dan tertarik dengan lingkungan hijau, tanaman, perkebunan, hidroponik dan alam. Buat yang tertarik dengan tulisanku selain di Kompasiana, bisa langsung kunjungi aja sayurku.my.id

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Optimalkan Waktu Panen Taman Hidroponik dengan 7 Cara Ini

28 Januari 2023   07:32 Diperbarui: 28 Januari 2023   07:35 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

Taman hidroponik adalah cara menanam tanaman tanpa tanah, dengan menggunakan sistem air dan nutrisi yang dikontrol secara elektronik. Salah satu keuntungan dari taman hidroponik adalah waktu panen yang lebih cepat dibandingkan dengan metode tanam tradisional. Namun, untuk meningkatkan waktu panen yang lebih cepat, ada beberapa hal yang dapat dilakukan.


1. Pemilihan jenis tanaman yang sesuai. 

Beberapa jenis tanaman seperti sayuran segar, seperti selada, dapat dipanen dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan tanaman lain. Pemilihan tanaman yang sesuai akan membantu meningkatkan waktu panen.

2. Pencahayaan yang cukup

Tanaman hidroponik memerlukan cahaya yang cukup untuk tumbuh dengan baik. Pencahayaan yang cukup dapat diperoleh dengan menggunakan lampu LED atau lampu HID.

3. Pemantauan suhu dan kelembaban. 

Suhu dan kelembaban yang tepat sangat penting untuk pertumbuhan tanaman yang sehat. Pemantauan suhu dan kelembaban dapat dilakukan dengan menggunakan sensor yang dapat dihubungkan ke smartphone atau komputer.

4. Pemeliharaan yang baik. 

Pemeliharaan yang baik termasuk membersihkan taman hidroponik secara teratur, menyiram tanaman dengan air yang bersih, dan memberikan nutrisi yang sesuai. Pemeliharaan yang baik dapat membantu meningkatkan waktu panen.

5. Perlakuan pemangkasan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun