Mohon tunggu...
Sayuh
Sayuh Mohon Tunggu... Supir - Poto

Aku temukan tanpa mencari

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Tuan Pancasila Ber-Bhinneka

24 Januari 2021   10:31 Diperbarui: 24 Januari 2021   10:56 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tea And Lead.Blogspot.com

Lakumu tegap nan bodoh menepuk dada teriakan, "Aku Pancasilais!!!" Aku dengarkan dan ikuti, kau sendiri ingkari ideologi."

Kau ajarkan padaku kebhinekaan, Aku menerima perbedaan ber-bhinneka, kau malah memecah-belah dengan isu SARA

Kau wajibkan padaku bela negara, Aku patuh bela negara, kau tuduh aku makar menggulingkan pemerintahan yang sah

Kau suruh gebuk PKI, aku sigap, kau tuduh aku seorang radikal anti Pancasila

Kau bilang suka didemo bahkan diundang masuk istana dengan jamuan makan, aku demo kau suguhi gas air mata dan serentetan tembakan

Kau lari seperti seorang pengecut dan sembunyi entah di mana?

Kau janjikan bayaran 200 juta melaporkan korupsi, aku laporkan korupsi, kau tuduh aku pembual!

Kau janjikan berjuta lapangan pekerjaan, aku dan mereka justru dirumahkan, bahkan dana pelatihan kerja Kau suruh kembalikan

Kau ini sakit jiwa, apa aku yang jancukan?

Kau suruh jangan kufur nikmat, aku pun bersyukur, kau justru semakin takabur

Kau suruh aku bantu negara, aku bantu berikan solusi, "mundurlah selagi bisa, daripada diturunkan!" Kau semangat istimewakan pengemplang pajak dan koruptor

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun