Mohon tunggu...
Sawitania Situmorang
Sawitania Situmorang Mohon Tunggu... Responsible and Integrity

Dosen dan Peneliti

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Anda Seorang Wanita? Bingung Mau Ngapain #Dirumahaja? Yuk Mulai Bisnis Kecil-Kecilan Bersama Unilever dan UN Women

1 Mei 2020   21:16 Diperbarui: 1 Mei 2020   22:21 39 0 0 Mohon Tunggu...

Tahukah kamu? Ada yang baru nih dari Unilever... 

Ya, Baru-baru ini, Unilever bekerjasama dengan UN Women meluncurkan program pelatihan online bersertifikat bagi para wanita yang mengalami kendala atau keterbatasan dalam memulai atau mengembangkan usahanya. Platform ini dinamakan: We Learn 

Kenapa harus wanita? Karena wanita ingin dimengerti (itu kata ada band, hehe...)

Tapi apa yang dikatakan dalam sepenggal lirik lagu grup band lawas tersebut kalau difikir-fikir ada benarnya juga. Selama ini, wanita itu dikenal sebagai makhluk yang unik dan memiliki cara kerja yang berbeda dengan para pria. Pria identik dengan logikanya sedangkan wanita identik dengan hati/ perasaannya. Karenanya, muncul pepatah yang mengatakan: "Man Come From The Star, Woman From The Moon". Wanita dianggap sebagai kaum yang lemah yang hanya bertanggungjawab dalam urusan "dapur dan kasur".

Tapi, itu dulu... 

Lain dulu, lain sekarang. Hehehee...

Sejak munculnya gerakan emansipasi wanita, wanita mulai masuk dan diperhitungkan dalam pasar dunia kerja. Sebagai buktinya, saat ini anda akan sangat mudah menemukan wanita dalam berbagai bidang pekerjaan seperti: perbankan, edukasi, industri pengolahan, pertanian, dll., termasuk dalam dunia usaha/ bisnis. Dalam dunia wirausaha, kiprah wanita terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2018, tercatat ada 60% total UMKM di Indonesia yang dikelola oleh wanita. Jumlah ini setara dengan 37 juta perempuan Indonesia. 

Hal ini menunjukkan bahwa meskipun cenderung bekerja dengan menggunakan hatinya, dalam dunia kerja, kiprah wanita tidak dapat dipandang sebelah mata. Dalam kegiatan usahatani misalnya. Jika dibandingkan dengan kaum adam, wanita jauh lebih terampil dan teliti dalam menanam. Dengan tanggung jawab ganda yang diberikan kepada mereka secara lahiriah yaitu sebagai istri dan ibu bagi anak-anaknya, sosok wanita juga telah ditempah oleh alam sebagai sosok yang ulet dan pantang menyerah serta memiliki intuisi yang kuat dalam bekerja. Tiga kunci sukses yang sangat dibutuhkan dalam dunia wirausaha.

Meskipun demikian, Unilever menemukan masih banyak wanita yang mengalami kendala dalam memulai usahanya. Entah itu kendala teknis, hambatan ide, modal, atau bagi kamu yang membutuhkan pelatihan khusus namun terkendala waktu karena urusan rumah tangga. Sekarang kamu tidak perlu lagi merasa kuatir. Hal inilah yang melatarbelakangi Unilever untuk meluncurkan program tersebut. Dalam platform ini, tersedia enam modul pengantar bisnis yang dapat anda download pada link sebagai berikut: 

https://welearn.unwomen.org/ 

Keenam modul tersebut judulnya sudah disusun sedemikian rupa sehingga saya menyarankan anda untuk membacanya sesuai urutan yang ada. Setiap modul dilengkapi dengan e-sertifikat yang dapat anda download sendiri selepas anda selesai membacanya.  Unilever juga tidak memberikan deadline publikasi sehingga modul dapat di download dan dipelajari di waktu senggang anda. Hitung-hitung buang suntuk di masa pandemi Corona hingga bulan Juni mendatang.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mencoba?

Selamat mencoba...

VIDEO PILIHAN