Mohon tunggu...
savitri pramesti
savitri pramesti Mohon Tunggu... Gizi

Ahli gizi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Berikut 5 Bahan Lokal Sumber Magnesium Untuk Meningkatkan Sistem Imun

11 Juni 2020   04:01 Diperbarui: 11 Juni 2020   09:45 123 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berikut 5 Bahan Lokal Sumber Magnesium Untuk Meningkatkan Sistem Imun
Tahu (sumber : google)

Zat gizi makanan yaitu ada makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien yaitu zat gizi yang memiliki molekul besar di makanan seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan mikronutrien yaitu zat gizi yang memiliki molekul yang kecil di dalam makanan seperti vitamin dan mineral. Salah satu mikronutrien yang akan dibahas yaitu mineral. Mineral ada bermacam-macam salah satunya yaitu magnesium.

Magnesium memiliki peranan penting khususnya pada sistem imun tubuh. Peran magnesium yaitu untuk memodulasi sistem imun dengan membantu menyerang stres oksidatif di dalam tubuh.

Untuk kebutuhan sehari magnesium menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2019 yaitu berbeda -beda sesuai usia dan jenis kelamin. Untuk laki-laki usia 19-64 tahun yaitu 360 mg dan perempuan usia 19-29 tahun 330 mg dan 30-64 tahun 340 mg. Untuk memenuhi kebutuhan zat gizi magnesium bisa diperoleh dari 5 bahan makanan lokal ini  :

1) Tahu

tahu (sumber : google)
tahu (sumber : google)

Tahu merupakan bahan makanan sumber protein nabati yang dibuat dari kacang kedelai. dalam 100 gram tahu yaitu mengandung 53 mg magnesium. Dalam 1 penyajian yaitu juga mengandung mineral lain seperti kalsium, zat besi, mangan, dan selenium. Beberapa studi menyatakan bahwa mengonsumsi tahu memungkinkan untuk menjaga sel pada pembuluh darah arteri dan menurunkan resiko terjadinya kanker lambung.

2) Pisang

pisang (sumber : google)
pisang (sumber : google)

Pisang terkenal dengan kaya akan kalium yang bisa menurunkan tekanan darah dan menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung. Namun, pisang juga kaya dengan magnesium yaitu mengandung 37 mg dalam 1 buah besar.Selain itu, pisang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, mangan, dan serat. Pisang ini bisa menurunkan inflamasi dan meningkatkan kesehatan pada pencernaan.

3) Sayuran berdaun hijau tua

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x