Mohon tunggu...
Savana Raniola
Savana Raniola Mohon Tunggu...

sekedar menikmati, tanpa harus menghakimi

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Sekaten adalah Tren

27 November 2018   10:06 Diperbarui: 27 November 2018   10:23 393 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sekaten adalah Tren
Pasar Malam Sekaten (Sumber: StarJogja.com)

Yogyakarta merupakan salah satu kota yang menjadi tujuan wisata favorit di Indonesia. Hal tersebut tidak lepas dari sejarah panjang Yogyakarta sebagai bagian dari Negara Indonesia. Yogyakarta menjadi salah satu penyandang gelar Daerah Istimewa, tentu karena warisan budaya yang terdapat didalamnya. 

Warisan budaya leluhur yang terus dijaga bersama, terutama oleh Kasultanan Mataram Islam Yogyakarta Hadiningrat. Dibawah kepemimpinan Sultan Hamengkeubuwono X, usaha pelestarian budaya terus dilakukan.

 Tujuanya agar terjaganya kearifan local sebagai sebuah daya tarik wisata dan pedoman kehidupan. Aian Salah satu tradisi yang bertahan hingga saat ini di Yogyakarta adalah penyelengaraan Sekaten.

Sekaten merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang dirayakan sebagai tanda memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Tentu saja yang menjadi inisiator adalah orang-orang dari Keraton. 

Sekaten merupakan sebuah rangkaian acara sakral, meliputi beberapa ritual wajib, seperti mengeluarkan gamelan pusaka Keraton, memainkan gamelan, memasukan gamelan ke Keraton, pengajian di masjid Agung, dan ditutup dengan Garabeg. 

Ketika seluruh ritual dilaksanakan, masyarakat akan dimanjakan dengan hiburan rakyat berupa pasar malam. Pelaksaan pasar malam inilah yang seakan menjadi daya tarik wisata ikonik dari perayaan Sekaten.

Pasar malam Sekaten merupakan hiburan yang sudah bertahan sejak pertama kali diadakan. Sebuah hiburan yang tak lekang oleh zaman dan malah terus dinantikan pelaksanaanya.

 Pasar malam ini dapat bertransformasi menjadi hiburan bagi segala kelompok usia masyarakat. Keberhasilan tersebut membuat Sekaten menjadi sebuah tren, khususnya bagi kalangan remaja.

  Arus semakin kuat dengan keberadaan media sosial yang menjadi alasan seseorang menancapkan eksistensinya. Selain itu konten hiburan dalam pasar malam Sekaten juga sangat variatif. 

Khusus untuk wahana terdapat kora-kora, bianglala, komedi putar, bombom car, ombak banyu, rumah hantu, dan tong setan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN