Mohon tunggu...
Satya Wijayantara
Satya Wijayantara Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Lampung 2017

Berdoa adalah kunci kesuksesan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Mahasiswa KKN Unila Periode I Mengadakan Sosialisasi Kewirausahaan dan Sensus Penduduk 2020

24 Januari 2020   15:10 Diperbarui: 24 Januari 2020   15:27 48 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Unila Periode I Mengadakan Sosialisasi Kewirausahaan dan Sensus Penduduk 2020
  (Dok. pribadi: Mahasiswa KKN Unila Periode I Tahun 2020 verfoto bersama aparat desa dan masyarakat Pekon Gedung Agung)

Sebanyak 7 Mahasiswa Universitas Lampung (Unila) diturunkan ke Pekon Gedung Agung awal Januari ini. Dalam agendanya, Mahasiswa Universitas Lampung melakukan sosialisasi mengenai Kewirausahaan dan Sensus Penduduk 2020, pada Kamis (23/01/2020) di Balai Pelatihan Masyarakat Pekon Gedung Agung. Sosialisasi Keriwausahaan dan Sensus Penduduk 2020 ini merupakan rangkaian dari kegiatan yang sudah direncanakan oleh Mahasiswa KKN Unila yang mengabdi di Pekon Gedung Agung, Kecamatan Pulau Panggung, Kabupaten Tanggamus.

Mahasiswa KKN turut mengundang aparat desa, Ketua RT, Karang Taruna dan sejumlah masyarakat. "Sosialisasi mengenai Kewirausahaan ini diadakan untuk menumbuhkan jiwa-jiwa bisnis pada masyarakat Pekon Gedung Agung. Kemudian Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 ini sebagai ajang untuk memperkenalkan metode sensus penduduk yang berbeda jika dibandingkan dengan sensus penduduk sebelumnya", ucap Satya Wijayantara saat pembukaan acara itu.

Sosialisasi mengenai Kewirausahaan ini disampaikan langsung oleh Fawaz Abiy dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Sosialisasi Kewirausahaan ini mengusung tema "Memulai Kewirausahaan Secara Kreatif & Inovatif ". Dalam sosialisasi Kewirausahaan ini, dijelaskan bagaimana cara untuk memulai berwirausaha secara kreatif dan inovatif. Kemudian, dalam sosialisasi Sensus Penduduk 2020 disampaikan langsung oleh Satya Wijayantara dari Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP).  Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 ini mengusung tema "dengan Sensus Penduduk Menuju Satu Data Kependudukan Indonesia". Dalam sosialisasi sensus penduduk ini, dijelaskan bahwa dalam sensus penduduk tahun 2020 ini menggunakan metode yang agak berbeda bila dibandingkan dengan Sensus Penduduk sebelumnya.

"Harapan kedepannya dengan adanya sosialisasi kewirausahaan ini masyarakat Pekon Gedung Agung dapat membuka lapangan pekerjaannya sendiri. Kemudian, tingkat pengangguran di Pekon Gedung Agung dapat ditekan. Lalu untuk mengenai sosialisasi Sensus Penduduk 2020, harapannya masyarakat Pekon Gedung Agung mengetahui bahwa dalam sensus penduduk ini menggunakan metode sensus campuran yakni metode door to door dan registrasi online. Dengan metode sensus registrasi online masyarakat bisa secara langsung menyetorkan data keluarganya dengan hanya  bermodalkan gadget dan internet", ucap perwakilan KKN Unila Periode I Tahun 2020.

VIDEO PILIHAN