Mohon tunggu...
satria winarah
satria winarah Mohon Tunggu... yang mengenal dirinya yang mengenal Tuhannya

Seorang programmer yang membagi hatinya dengan sastra, sejarah, dan militer

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Trah Siliwangi dan Kerajaan Sunda

7 Maret 2021   12:05 Diperbarui: 7 Maret 2021   12:30 576 0 0 Mohon Tunggu...

Ironis ketika mengetahui ada orang Sunda yang meyakini bahwa Prabu Siliwangi itu adalah seorang Raja fenomenal yang pernah memerintah Kerajaan Pajajaran

Ironis ketika mengetahui ada orang Sunda yang tidak tahu kalau Sunda itu adalah nama kerajaan. Ironis ketika ada orang Sunda yang tidak tahu bahwa dahulu kala Sunda adalah sebuah negeri yang sejahtera rakyatnya dan kuat militernya.

Kita akan mencoba membahas semua itu. Semoga artikel ini bisa menjadi keyword yang dapat digunakan oleh pembaca, untuk melakukan riset lebih dalam. 

Oleh karenanya saya memang sengaja tidak mencantumkan sumber mengenai versi sejarah yang digunakan. Semoga dengan dorongan riset lebih mendalam dari masing-masing pembaca, kita bisa membuka cakrawala pengetahuan sejarah yang lebih lengkap lagi.

Di wilayah yang sekarang kita kenal sebagai Jawa Barat, Jakarta, dan Banten, di tatar Pasundan, di tanah yang turun temurun diduduki oleh etnis Sunda ini, setidaknya pernah berdiri empat pemerintahan yang memenuhi syarat-syarat kerajaan:

  1. Salaka Nagara
  2. Tarumanagara
  3. Sunda
  4. Sunda - Galuh

Loh, kemana kerajaan Pajajaran yang terkenal itu? Begini kawan. Menurut para sejarawan Pakuan Pajajaran bukanlah sebuah kerajaan. Melainkan sebuah ibu kota dari Kerajaan Sunda. 

Di zaman itu, bahkan juga zaman sekarang, sering ada penyebutan mengenai sebuah Kerajaan hanya dengan menggunakan ibu kotanya. Oleh karenanya Kerajaan Sunda juga sesekali disebut sebagai Pakuan Pajajaran.

Tak hanya itu, istilah Pakuan Pajajaran ini semakin populer dan sering digunakan ketika Kesultanan Cirebon dan Kesultanan Banten sudah berdiri sebagai sebuah Kerajaan sendiri. Lepas dari Kerajaan Sunda. Ini yang membuat istilah Sunda menjadi rancu. Sebab baik Banten dan Cirebon pun tetap orang Sunda. 

Dari kedua Kesultanan inilah, istilah Pakuan Pajajaran semakin sering digunakan, yakni untuk menyebut wilayah yang masih di kuasai oleh Kerajaan Sunda yang masih menganut Hindu-Budha, yakni, Pakuan Pajajaran. Sebab saat itu wilayah yang dikuasai oleh Kerajaan Sunda memang hanya tinggal ibu kotanya dan sebagian wilayah Parahyangan/Priangan.

Lalu, provinsi Pakuan Pajajaran itu dimana sih? Istilah provinsi saya gunakan untuk memudahkan pemahaman. Intinya, Pakuan Pajajaran meliputi Jabodetabek dan juga Sukabumi dan Cianjur. Provinsi Pakuan Pajajaran memiliki sebuah pelabuhan besar dan terkenal: Sunda Kalapa. Nah, jadi jelas ya. Sunda Kalapa itu adalah pelabuhan yang berada di Provinsi Pakuan Pajajaran. 

Bukan sebuah kota sendiri. Makanya sebenarnya tak tepat jika kita menyebut bahwa zaman dulu Jakarta bernama Sunda Kalapa. Well, ya complicated sih. Soalnya wilayah Jakarta sekarang dengan wilayah Batavia zaman Belanda saja berbeda kok. Apalagi di zaman Kerajaan Sunda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN