Mohon tunggu...
Satria Putra Dwi Pamungkas
Satria Putra Dwi Pamungkas Mohon Tunggu... -

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora ,Prodi Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

FLANEL, BISNIS RUMAHAN YANG MENGUNTUNGKAN

18 Desember 2012   02:16 Diperbarui: 24 Juni 2015   19:27 4103 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Kain flanel atau kain felt mempunyai tekstur yang lembut dan memiliki warna yang menarik. Selain itu kelebihan dari kain felt atau kain flanel ini adalah mudah dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi pilihan untuk dibuat berbagai macam kerajinan seperti produk hiasan, mainan anak, aksesoris dan souvenir.

Melihat begitu banyaknya peminat akan hiasan-hiasan dari flannel, bisnis flannel bisa menjadibisnis rumahan yang menguntungkan. Disamping rasa kesenangan dan kepuasan menyalurkan hobi, kita bisa mendapatkan keuntungan. Bayangkan saja untuk harga 1 buah kreasi tempat tissue flannel bisa mencapai Rp. 30.000,-. Untuk membuat berbagai kreasi dari kain flannel sangat mudah, hanya memerlukan ketelatenan dan kesabaran.

Kenapa harus memilih jenis kerajinan ini? Pertama adalah karena modal yang dibutuhkan relatif kecil karena bahan dasar yakni kain flannel bsa dibeli dengan harga yang relatif murah, Rp. 12.000,- sampai Rp. 15.000,-. Kedua adalah peluang usaha ini yang masih cukup luas. Ketiga adalah beragam jenis hiasan dan aksesoris yang bisa dikreasikan dari kain flanel ini.

Tidak bisa menjahit dengan mesin? Atau tidak mempunyai mesin jahit? Hal tersebut tidak menjadi kendala, karena para pengrajin kain flanel umumnya justru menjahit secara manual. Hal ini untuk menciptakan sebuah motif unik dari kerajinan kain flanel yang dihasilkan.

Dengan alat dan bahan yang sederhana, seperti kain flanel, dakron (sejenis kapas untuk mengisi), benang, dan jarum saja Anda telah bisa memulainya. Namun kesederhanaan inilah yang menjadi kelebihan dariusaha rumahan hiasan flannel. Sehingga Anda tidak direpotkan dengan menyiapkan berbagai macam perlengkapan untuk mulai menekuni usaha ini.

Aksesoris mulai gantungan kunci, hiasan pita, hiasan mobil, dompet handphone, tempat tissue, motif baju, dan banyak lagi lainnya bisa Anda buat dari kain flanel ini. Gunakan warna kain flanel yang beragam agar membuatnya terlihat lebih menarik. Jika masih bingung untuk pemasarannya, mulailah dari teman dan kerabat. Bahkan saya menyarankan dengan memberikannya secara gratis sebagai hadiah untuk perkenalan produk. Secara perlahan usaha rumahan Anda dengan membuat hiasan kain flanel akan mulai banyak dikenal dan pesanan akan dating dengan sendirinya. Jangan lupa, kreatifitas Anda untuk membuat bermacam-macam kreasi flannel dan kepandaian dalam kombinasi warna sangat berpengaruh pada minat para pembeli.

Yang terpenting adalah bahwa Anda memiliki tekat dan mental yang kuat untuk gigih dalam usaha.

Demikian pembahasan saya tentang peluang usaha kreasi kain flanel. Mari tingkatkan kreativitas kita dalam berwirausaha dan berbisnis sehingga bisa memajukan bangsa Indonesia dan membuka lapangan pekerjaan lebih luas lagi bagi teman-teman kita di luar sana.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan