Mohon tunggu...
satria amrilaah
satria amrilaah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa semester tiga di fakultas ilmu budaya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Inilah Penjabaran Mengenai Ekonomi Kreatif hingga Dampak dan Tantangannya

25 September 2023   04:20 Diperbarui: 25 September 2023   06:55 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian ekonomi kreatif

Menurut United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD), ekonomi kreatif merupakan konsep ekonomi yang berkembang berdasarkan pada aset kreatif yang berpotensi menghasilkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. (https://disparpora.ngawikab.go.id

Dari kelas mata kuliah ekonomi kreatif, Menurut saya pengertian ekonomi kreatif adalah tidak hanya memanfaatkan kreatifitas ide atau gagasan di dalam pikiran manusia, namun juga dalat mengemplementasikan atau merealisasikan ide-ide tersebut dalam bentuk objek sehingga wujudnya dapat bermanfaat untuk orang itu sendiri maupun orang di sekitarnya. 

Dampak sosial dan budaya

Ekonomi kreatif juga memiliki dampak yang signifikan pada masyarakat dan budaya. Ini mempromosikan keragaman dan pemahaman lintas budaya. Mendorong ekspresi diri, menghargai seni dan kreativitas, serta dapat mempertahankan suatu budaya. 

Tantangan. 

Walaupun memiliki potensi besar, ekonomi kreatif tidak dapat berkembang dengan cepat karena menghadapi tantangan, seperti perlindungan hak kekayaan intelektual, keuangan, dan pengembangan keterampilan. Namun, dengan teknologi yang terus berkembang, terbuka peluang baru untuk mendukung pertumbuhan sektor ini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun