Mohon tunggu...
Satria Adhika Nur Ilham
Satria Adhika Nur Ilham Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

Movie and Series Enthusiast | Nominee Best in Spesific Interest Kompasiana Awards 2022. Suka menulis ulasan film, serial, dan berbagai hal yang berkaitan dengan perfilman.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Antara Aku, Kompasiana Awards, dan Kompasianival 2022

24 November 2022   13:47 Diperbarui: 24 November 2022   13:55 268
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kompasianival 2022. Sumber foto : kompasiana.com

Dulu, aku hanyalah pelajar yang suka membaca novel dan menulis cerita di Wattpad. Judul cerita Wattpad yang kubuat waktu itu adalah "Ilham Sang Raja Stalker". Judul yang aneh bin unik kan?

Waktu itu pembacanya terbilang cukup banyak, walau tidak lebih dari ribuan, namun tetap saja, bagi diriku waktu itu, jumlah seribu pembaca juga rasanya sudah senang sekali.

Ya, cerita yang niatnya kubuat jadi novel itupun berhenti di tengah jalan. Bingung dengan plotnya, yang kebanyakan bersumber dari kisah cinta monyet yang bertepuk sebelah tangan sewaktu SMP membuatku tak kuat lagi melanjutkannya. Karena waktu itu diriku masih kelas 9 SMP, masih butuh banyak belajar lebih banyak dalam menulis cerita.

Kala itu, setelah berhenti menulis cerita, aku mencari-cari tempat menulis yang lebih nyaman dan bisa 'menghasilkan'. Menghasilkan apa? Uang, tentunya. Zaman pandemi waktu itu membuat uang jajanku berkurang. Aku butuh uang tambahan, itu yang kupikirkan.

Berjumpalah aku dengan Kompasiana. Platform blogging yang nyaman dan tidak bikin ribet. Kurasinya tidak lama, dan tak banyak aturan yang mengekang penulisnya. Aku sudah mencoba platform lain, tapi bagiku, Kompasiana yang terbaik.

Profil akun kompasianaku, sumber : screenshot/kompasiana.com/satriaadhika2005
Profil akun kompasianaku, sumber : screenshot/kompasiana.com/satriaadhika2005

Dengan bermodalkan bismillah, pada 08 September 2020, aku bergabung dengan Kompasiana. Aku menulis dengan apa adanya, tidak spesifik ke kategori tertentu. Aku menulis cerpen, puisi, review film, juga topik lain. Pembacanya juga masih standar, kadang hanya seratusan, kadang bisa sampai seribu.

Aku ingat sekali, waktu itu, Kompasianer yang seringkali mampir ke tulisanku adalah Mbak Fatmi Sunarya, juga pak Ali Musri Syam, serta Pak Mochamad Syafei. Juga kompasianer lain yang saya lupa namanya.

Melihat pembaca artikel review film yang ternyata lebih banyak, membuatku ingin fokus menulis artikel seputar perfilman saja. Maka mulailah, semenjak tahun 2021, diriku mulai aktif menulis artikel-artikel film.

Panutanku waktu itu adalah bro Yonathan Christanto, sang reviewer panutan yang membuatku ingin menghasilkan tulisan-tulisan review yang berkualitas sepertinya. Apalagi beliau juga pernah menjadi Best In Spesifict Interest di Kompasiana Awards 2019.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun