Mohon tunggu...
Satria Adhika Nur Ilham
Satria Adhika Nur Ilham Mohon Tunggu... Penulis yang sedang belajar lebih baik

Kelak, tulisan kita yang akan menjadi sejarah bahwa kita pernah bermanfaat untuk orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Belanja Baju hingga Kue Lebaran, Dahulukan Kualitas dan Jangan Tertipu dengan Diskon Besar-Besaran

7 Mei 2021   22:14 Diperbarui: 7 Mei 2021   22:23 349 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belanja Baju hingga Kue Lebaran, Dahulukan Kualitas dan Jangan Tertipu dengan Diskon Besar-Besaran
ilustrasi diskon besar-besaran, sumber : Foto:Dok.Artem/Unsplash 

Tak terasa, Bulan Ramadan yang penuh dengan kemuliaan ini akan segera usai dan lebaran akan tiba. Masyarakat berbondong-bondong untuk membeli kebutuhan lebaran. Begitu juga dengan pusat perbelanjaan, mereka mulai gencar melakukan promosi dan mengeluarkan diskon agar semakin menarik perhatian pembeli.

Seperti tahun-tahun lalu, walau pandemi, antusiasme masyarakat untuk membeli baju lebaran tetap besar. 

Buktinya, beberapa hari lalu saya sempat pergi ke salah satu pusat perbelanjaan untuk membeli sepatu, dan ketika saya masuk, banyak sekali orang yang berbelanja, bahkan sampai lupa menerapkan protokol kesehatan. Tak ada jaga jarak dan tak ada pemeriksaan suhu.

Karena saya merasa tidak nyaman, akhirnya saya pindah ke mall yang lebih besar. Beruntung, mall yang saya kunjungi saat itu menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan tak seramai pusat perbelanjaan yang saya kunjungi pertama. Memang, pusat perbelanjaan yang saya kunjungi pertama lebih banyak menjual produk-produk dengan diskon yang cukup gila. Hingga 50-70%. Setelah saya teliti, nyatanya itu hanya permainan harga.

Dari pengalaman saya di atas, bisa dilihat bahwa orang-orang lebih mementingkan pakaian ketika lebaran dibanding kesehatan mereka sendiri. Kita bisa melihat bagaimana ramainya tanah abang sewaktu beberapa hari lalu.

Sebaiknya kita bisa belanja kebutuhan lebaran secara bijak. Jika tak mau repot memakai masker atau menjaga jarak, maka cukup belanja online saja. Kalau tidak mau, silahkan belanja di mall atau pasar, tapi tetap sesuai dengan protokol kesehatan.

Bicara soal belanja kebutuhan lebaran, orang-orang lebih tertarik dengan barang yang diskon besar-besaran dibanding barang bagus yang tak ada diskonnya. Banyak kekeliruan yang terjadi di ketika belanja kebutuhan lebaran sehingga membuat barang yang dibeli tak bertahan lama. Berikut beberapa kekeliruannya.

1. Diskon besar-besaran yang tidak masuk akal

Ilustrasi diskon besar-besaran, sumber : www.viva.co.id
Ilustrasi diskon besar-besaran, sumber : www.viva.co.id

Diskon, sepatu kualitas internasional, dari harga Rp. 900.000, jadi hanya Rp. 2oo.ooo. Tunggu apalagi, yuk segera beli!

Hal tersebut akan kamu jumpai di beberapa tempat belanja, khususnya di pasar dan pusat perbelanjaan yang target pasarnya adalah menengah ke bawah. Mereka memakai cara "Diskon besar-besaran" untuk menarik perhatian konsumen agar membelinya. Padahal, jika kamu mau perhatikan, cobalah pegang bahan barang tersebut, dan ingatlah beberapa hal ini :

Pertama, Jika diskon sebuah produk bisa mencapai 70%, maka produk tersebut biasanya model lama atau keluaran lama.

Kedua, Jika harga suatu produk turun drastis dari harga aslinya, bisa jadi itu hanya permainan harga dan kualitasnya cepat rusak, atau hanya bisa sekali pakai. Ketika dicuci, warnanya akan cepat luntur. Bisa juga produk tersebut tidak laku sehingga terpaksa menurunkan harga produknya secara drastis.

Ketiga, Diskon besar-besaran biasanya hanya ada pada jangka waktu yang singkat. Tidak lebih dari seminggu dan produk-produk yang ditawarkan terbatas. Maka jika melebihi waktu tersebut, kemungkinan besar pihak penjual hanya memainkan harga produk agar pembeli semakin tertarik untuk membeli produknya.

Keempat, Jika ragu dengan produk tersebut, cari harga aslinya di internet. Kamu akan mengetahui apakah produk tersebut memang benar-benar diskon atau memang harganya murah. 

2. Membeli baju yang hanya dipakai sekali, kemudian tidak dipakai lagi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN