Mohon tunggu...
Satria Adhika Nur Ilham
Satria Adhika Nur Ilham Mohon Tunggu... Penulis yang masih belajar untuk jadi lebih baik

Kelak, tulisan kita yang akan menjadi sejarah bahwa kita pernah bermanfaat untuk orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Digital

6 Cara Ampuh untuk Memaksimalkan SEO Youtube Kamu

29 September 2020   09:17 Diperbarui: 29 September 2020   09:23 51 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
6 Cara Ampuh untuk Memaksimalkan SEO Youtube Kamu
postcron.com

Apakah kalian termasuk youtuber? atau ada keinginan untuk membuat channel youtube?

Yap! Youtube bisa kita jadikan sebagai karir. Namun, sebelum itu semua, ada satu hal yang harus kamu perhatikan, yaitu,

"Channel Youtube kamu harus disadari oleh Youtube."

Video-video yang kita buat harus disadari keberadaannya oleh Youtube. Maksudnya gimana sih? Jadi, kalau orang mencari video dengan keyword tertentu, kita harus make sure kalau video kita ada di baris pertama, atau paling nggak di baris kedua. Nah, gimana ya caranya?

Kalau ngomongin tentang kolom pencarian, atau search engine. Ada satu term yang perlu kita pelajari. Namanya SEO atau Search Engine Optimization. Soalnya, SEO ini yang bakal memutuskan, video kita itu akan ada di rekomendasi teratas oleh Youtube. 

Ada beberapa hal yang bisa kita perhatikan untuk mengoptimalkan SEO dari video kita. Yuk simak, 6 cara ampuh untuk memaksimalkan SEO Youtube Kamu!

1. Jumlah view & watch duration

Makin banyak view dari video kita, dan makin lama video kita ditonton oleh para audiens, sudah jelas video kita akan masuk di ranking yang paling atas di rekomendasi Youtube.

2. Manfaatkan sosial media

Selanjutnya, kita wajib banget ngeshare dan promosiin video kita dan juga channel kita. Kita bisa manfaatkan sosial media yang kita punya, bisa Instagram, atau twitter, atau di Youtube sendiri juga sebenarnya bisa. Supaya nanti video kita bisa ditonton oleh orang-orang yang sudah dan belum men-subscribe channel kita.

3. Gunakan keyword yang relevan dengan video

Untuk meningkatkan SEO, perlu banget untuk kita menggunakan keyword yang relevan dan sesuai dengan video-video kita. Misalnya, video kita tentang kuliner, kuliner di Yogyakarta misalnya. Mungkin kita bisa pakai keyword yang berhubungan dengan kuliner dan Yogyakarta. Contoh keywordnya, Kuliner vlogger, Kuliner Yogyakarta, Kuliner enak, Kuliner Indonesia, nah itu bisa dipakai agar nanti ketika orang mencari video tentang kuliner di Yogyakarta, video kita akan muncul di bagian paling atas.

4. Letakkan keyword di thumbnail dan description box

Yang sering juga dilupakan adalah kita juga perlu banget untuk meletakkan keyword di thumbnail dan description box. Karena, apa yang kita tulis di description box, secara tidak langsung akan mempengaruhi SEO dari video kita. Keyword yang relevan tadi bisa kita letakkan di beberapa tempat, bisa kita letakkan di thumbnail dan description box kita, karena sekarang Youtube sudah canggih, dia bisa rekomendasiin video kita hanya dari thumbnail dan description box video kita.

5. Meningkatkan kualitas video

Dari segi gambar misalnya, perlahan kita perbagus lagi kualitasnya. Yang paling penting adalah audio, karena sebenarnya orang-orang itu lebih tertarik untuk nonton video yang gambarnya sebenarnya oke-oke saja, tapi audionya jernih.

6. Meningkatkan frekuensi upload video

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x