Mohon tunggu...
Alfian Arbi
Alfian Arbi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Aquaqulture Engineer

Aquaqulture Engineer I Narablog

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Demi NZE, Saya Pilih Parpol Ramah Lingkungan Saja, Kamu?

19 Oktober 2021   19:58 Diperbarui: 19 Oktober 2021   20:28 221 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Gartner, Badan Riset global, menyebut aktivitas browsing di dunia maya selama setahun butuh listrik 365 KWH. Artinya, aktivitas itu setara berjalan-jalan di dunia nyata sejauh 1400 Kilometer, dengan kendaraan berbahan bakar fosil. 

Net-Zero Emissions (NZE), lantas menjadikan PR bersama? Mengajarkan Dekarbonisasi, mengurangi pemakaian energi fosil, guna merespon laju perubahan iklim akibat cemaran karbon di udara.

Beruntung Indonesia menyediakan ragam potensi energi alam yang berhamburan, mulai panas bumi, matahari, ombak hingga angin. Semuanya menanti hadirnya Sumber Daya Manusia (SDM) mencipta teknologi yang mampu memanja potensi alam itu, menjadikannya energi ramah lingkungan.

Sumber: tirto.id
Sumber: tirto.id

Bagi saya, menghadirkan NZE yang sempurna, harus dimulai dengan hadirnya will --keinginan- dekarbonisasi setiap individu. Dan akhirnya, mampu meng-upgradenya pada level politik-will guna mendorongnya ke dalam tindakan nyata, menantang laju perubahan iklim selamanya.

Namun, yakinkah realisasi NZE hadir di 2060? Karena lewat politik-will yang massif, harusnya lekas mampu merespon isu perubahan iklim, benar-benar dikerjakan. Iyes, Politic-will, yang akan mengalir dari setiap individu-individu ke institusi Partai Politik (Parpol). Atau sebaliknya, dari Parpol yang berinisiatif melempar isu regulasi tegas, mengakselerasi hadirnya NZE di tegah kita!

Lantas, adakah Parpol yang se-ramah lingkungan itu? Yang menjadi gudang solusi, wujudkan regulasi NZE? Dan tidak selalu menghamburkan jargon kesejahteraan abstrak, mengandalkan eksploitasi semata. Advise Parpol berbentuk propaganda dalam kontestasi Pemilu, berpengaruh besar pada konstituennya lho, terutama hal-hal menyangkut eksekusi isu-isu NZE.

Ah, jika --memang- Parpol yang ramah-lingkungan itu nyata-ada, saya akan pilih! Karena hal itulah yang paling gampang memastikan agar NZE segera hadir di depan mata. Selain tindakan NZE versi kita jua. Gih, dibaca!  

Batu Bara,bisa apa?

Bauran energi nasional yang mengandalkan energi fosil, memantik tantangan penyediaan energi bersih masa depan? Secara tidak langsung, sudah menunjuk bahan bakar fosil, salah-satunya batu bara yang merekam jejak karbon. Presentase bauran energi batu bara di 2020, masih mendominasi sebesar 54%.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan