Mohon tunggu...
Alfian Arbi
Alfian Arbi Mohon Tunggu... Aquaqulture Engineer

Aquaqulture Engineer I eastborneo.my.id

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Mandai Crispy yang Siap Menantang MEA

4 Desember 2018   19:47 Diperbarui: 29 September 2019   14:33 1069 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mandai Crispy yang Siap Menantang MEA
Menikmati Mandai Crispy Dengan Teh Hangat I Dokumen Pribadi

"Eh, Enaknya Usaha Apaan, Ya?,"

Pertanyaan itu sering menggantung di benak kita. Tak jarang, angan kita melayang menuju istilah UKM atau Start-up. Tapi berani gak ya memulai usaha itu sekarang?

Kedua jenis usaha tadi memang sedang hits, ditengah atensi Pemerintah yang getol menargetkan  2% UKM dari jumlah penduduk dan juga 1000 start-up di tahun 2020.

Jika ditilik, kedua jenis usaha itu memiliki persamaan, karena berangkat dari usaha rintisan yang berasal dari ide brilian seseorang yang mampu melihat jeli peluang usaha. 

Persamaan lainnya, terletak pada modal yang kecil bahkan tidak memiliki modal sama sekali dan bisa dikerjakan sendiri, atau dengan sedikit orang terdekat.

Bedanya hanya jika UKM menghasilkan produk, Start-up berupa jasa, seperti aplikasi dan software.  Nah, dari keduanya mana yang sesuai dengna passion kita nih?

World Bank, mengatakan jika di Indonesia sumber penghidupannya sangat bergantung pada sektor UKM. Dan kebanyakan usaha kecil itu terkonsentrasi pada sektor perdagangan, pangan, olahan pangan, tekstil dan garmen, kayu dan produk kayu, serta produksi non-logam. Dan sektor UKM diperkirakan menyumbang sekitar lebih dari 50% PDB dan sekitar 10% dari ekspor.

Di sisi lain, Bank Pembangunan Asia dan Institute Studi Asia Tenggara (2015) menemukan fakta bahwa kurang dari seperlima bisnis kawasan ASEAN yang baru siap menghadapi persaingan masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

Itu pertanda ada peluang yang sangat terbuka, untuk menantang pasar MEA?

Baca juga : Mengungkap Teguran KPI, Dan Perselingkuhan Tuan Crab Di Film anak Spongebob Squarpant!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x