Mohon tunggu...
Satria Alfiansyah
Satria Alfiansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - satria

Belajar Menjadi Yang Lebih Baik

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan

Faktor Penentu Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

1 Desember 2022   06:00 Diperbarui: 1 Desember 2022   06:11 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Birokrasi. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Pembangunan adalah suatu proses dimana terjadinya suatu perubahan yang mencakup diberbagai macam bidang seperti : sosial, politik, ekonomi, agama, budaya, pendidikan, infrastruktur dan teknologi dalam cakupan yang sangat luas yang bertujuan untuk kemajuan dan mensejahterakan masyarakat melalui pengelolaan atau kontrol yang lebih besar terhadap lingkungan mereka agar menjadi lebih maju daripada sebelumnya.

Pembangunan ekonomi merupakan salah satu kegiatan yang terus dicapai oleh pemerintah. Pembangunan ekonomi memiliki dua tujuan, yaitu tujuan jangka panjang dan jangka pendek. Tujuan jangka pendek dari pembangunan ekonomi adalah meningkatkan taraf hidup masyarakat, sedangkan tujuan jangka panjang dari pembangunan ekonomi adalah mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.

Contoh Permasalahan Pembangunan Ekonomi : Lemahnya daya saing, Masalah kependudukan, Rendahnya pendapatan perkapita, Tingkat kemiskinan yang tinggi, Adanya kemiskinan dan keterbelakangan, Masalah Kekurangan Modal, Inflasi yang tinggi, Tingginya jumlah pengangguran dan Impor secara terus menerus.

Keberhasilan Pembangunan Ekonomi

Indikator keberhasilan pembangunan ekonomi adalah suatu indikator yang digunakan atau dipakai untuk menilai keberhasilan pembangunan ekonomi di suatu negara yg terdiri dari indikator moneter dan non moneter dinegara tersebut. Jika didalam sebuah negara terdapat indikator moneter ataupun non moneter yang baik, maka akan bergantung pada keberhasilan pembangunan ekonomi di negara tersebut.

Faktor ekonomi yang mempengaruhi pelaksanaan pembangunan, antara lain:

  • Kemajuan teknologi

Kemajuan teknologi sangat mempengaruhi pelaksanaan pembangunan ekonomi, hal tersebut karena adanya teknologi sangat mempengaruhi produksi, produktivitas pekerja, maupun modal yang digunakan.

  • Pembagian kerja dan skala produksi

Pembagian kerja dan skala produksi mempengaruhi produktivitas yang dihasilkan. Apabila pembagian kerja terlalu memberatkan maka produktivitas akan menurun.

  • Sumber Daya Alam atau tanah

Ketersediaan sumber daya alam atau tanah berpengaruh terhadap pelaksanaan pembangunan serta modal yang digunakan. Apabila ketersediaan SD melimpah maka pelaksanaannya akan jauh lebih mudah.

Faktor non ekonomi yang mempengaruhi pelaksanaan pembangunan, antara lain:

  • Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia mempengaruhi pelaksanaan pembangunan karena SDM merupakan salah satu faktor utama dalam pelaksanaan pembangunan. Apabila SDM unggul maka pembangunan akan lebih mudah dilakukan.

  • Faktor politik atau administratif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun