Mohon tunggu...
Muhammad Satria
Muhammad Satria Mohon Tunggu... Menambah Pengalaman dengan Menulis

Saya menulis apa saja yang saya harap bisa berguna.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

7 Keuntungan Berkuliah di UI

11 Juli 2019   11:10 Diperbarui: 11 Juli 2019   18:14 1698 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
7 Keuntungan Berkuliah di UI
photo credit: idntimes.com

Hai para calon mahasiswa! Wah, nggak kerasa ya di hari Selasa kemarin, tepatnya 9 Juli 2019, hasil seleksi SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2019 diumumkan. Gimana nih ngeliat hasilnya? Puas? Seneng? Atau malah kecewa? Well, apapun hasilnya, saya yakin kalian sudah berusaha semaksimal mungkin. Teruntuk yang belum rezekinya diterima lewat jalur SBMPTN, jangan berlarut-larut dalam kesedihan ya, karena masih ada harapan :) Masih ada jalur mandiri, betul? Nah, di jalur mandiri ini, kalian harus berusaha lebih keras lagi. 'Lebih keras' bukan berarti kalian nggak tidur seharian cuma buat ngerjain soal loh ya, hehe. Maksudnya, kalian harus menyiapkan strategi yang lebih baik lagi. Misalnya nanti kalian jawab soal yang betul-betul kalian pahami terlebih dahulu, supaya kalian nggak kehabisan waktu. Jangan sampai kalian berkutat di satu soal lebih dari 4-5 menit! Atau kalau kalian nanti ujian mandirinya masih PBT (Paper Based Test), kalian juga harus menyiapkan alat tulis sebaik mungkin. Jangan beli yang abal-abal ya...!

Sedangkan teruntuk kawan-kawan yang mendapatkan 'lampu hijau' kemarin sore, selamat! Di kampus apapun kalian diterima, hargailah. Itu hasil perjuangan kalian. Jangan mengeluh. Kalian patut bersyukur karena ribuan calon mahasiswa di luar sana ingin berada di posisi kalian saat ini. Oke? Lebih lanjut lagi, teruntuk kalian yang diterima di Universitas Indonesia (UI), mau tau keuntungan apa aja yang bakal kalian dapatkan selama berkuliah? Disimak yuk!

1. LINGKUNGAN LUAS & ASRI

Mungkin kalian yang tinggal di sekitar UI sudah tidak asing lagi dengan fakta ini. Namun untuk kalian yang belum pernah berkunjung ke UI, kalian harus tau nih, kampus kalian itu luas dan asri loh. Ya, pertama, Kampus UI Depok ini punya hutan yang biasa dikenal sebagai 'Hutan UI'. Ada saatnya di mana kalian nanti diajak masuk ke dalam hutan ini, tepatnya saat kalian menjalani PCK (Program Cinta Kampus).

photo credit: pingpoint.co.id
photo credit: pingpoint.co.id
Selain hutan, di Kampus UI Depok juga terdapat banyak taman, baik yang berada di dalam maupun di luar fakultas. Salah satu yang terkenal ialah Taman Firdaus.

photo credit: alumni.ui.ac.id
photo credit: alumni.ui.ac.id
Taman Firdaus ini dikelilingi oleh Perpustakaan Pusat UI, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Gedung Rektorat UI, dan Fakultas Ilmu Komputer. Di taman ini kalian bisa berdiskusi, berfoto ria, atau sekadar duduk santai di sore hari.

Di Kampus UI Depok juga terdapat 6 danau yang diberi nama KAMPUS. Di antara keenam danau tersebut, yang paling terkenal ialah Danau Kenanga, karena danau ini dikelilingi oleh Perpustakaan Pusat UI, Masjid UI, Balairung, dan Gedung Rektorat UI. Seperti apa itu Danau Kenanga? Itu, yang menjadi gambar pertama postingan ini.

Gimana? Keren kan? Kalian nanti bisa sepedaan menggunakan spekun (sepeda kuning), jogging, atau sekadar jalan santai sembari menikmati hijaunya Kampus UI. Di UI juga sering diadakan event lari sekian kilometer loh. Kalian bisa ikutan tuh!

2. PERPUSTAKAAN SUPER LENGKAP

photo credit: seputarperpus.blogspot.com
photo credit: seputarperpus.blogspot.com
Crystal of Knowledge! Inilah dia perpustakaan yang sering dikatakan sebagai perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara. Wuiihhh! Emang ada apa aja sih di dalamnya? Liat skuyy!

photo credit: anakui.com
photo credit: anakui.com
Kebun Apel! Sebenernya nama aslinya bukan 'Kebun Apel' sih, namanya 'Ruang Internet' aja. Terus kenapa disebut Kebun Apel? Karena ruangan ini dipenuhi oleh iMac Apple. Koneksi 'Hotspot-UI' di sini juga kenceng banget, terutama di spot-spot tertentu. Saya sendiri menyebutnya sebagai 'Warnet UI'. Ruang internet ini ditujukan untuk seluruh sivitas akademika UI yang masih aktif. Tujuannya tentu untuk memudahkan kegiatan belajar mengajar di UI.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN