Mohon tunggu...
Muhammad Satria
Muhammad Satria Mohon Tunggu... Menambah Pengalaman dengan Menulis

Saya menulis apa saja yang saya harap bisa berguna.

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Sesulit Apa Bahasa Rusia?

9 Juli 2019   04:15 Diperbarui: 9 Juli 2019   04:16 0 11 4 Mohon Tunggu...
Sesulit Apa Bahasa Rusia?
dokumen pribadi

Teruntuk kawan-kawan yang sudah membaca postingan ini sebelumnya, maaf, saya harus repost lagi huhu :( Saya masih newbie di Kompasiana, makanya kemarin saya nggak tau kalau di sini alfabet Rusia tidak bisa ditampilkan. Tapi gapapa, hehe, saya sudah temukan solusinya. So, let's check it out!

Oke, jadi apa sih yang membuat banyak orang Indonesia menganggap bahwa bahasa Rusia itu susah? Bukankah hampir setiap hari Masha and The Bear ditayangkan di TV kita? Seharusnya kita terbiasa dong?! Nah, ternyata nggak semudah itu kawan. Bahasa Rusia punya ciri khasnya tersendiri. Apa itu?

1. ALFABET

photo credit: pinterest.com
photo credit: pinterest.com
Ada satu joke di Rusia tentang bahasa yang mereka tuturkan. Singkatnya, seorang turis beserta beberapa temannya baru saja tiba di Rusia. Ia membaca tulisan cukup besar terpampang pada sebuah bangunan:

minval.az
minval.az
Dengan bangganya, ia katakan kepada teman-temannya bahwa ia sudah mampu menguasai satu kata dalam bahasa Rusia. Yang jadi masalah, ia mengira bahasa Rusia menggunakan alfabet Latin, sehingga ia benar-benar membaca tulisan tersebut [p e k t o p a h], padahal seharusnya dibaca [r e s t o r a n].

Bahasa Rusia memang memiliki alfabet tersendiri yang dikenal dengan Cyrillic Alphabet. Bukan hanya bahasa Rusia sebenarnya yang menggunakan alfabet tersebut, melainkan juga Ukraina, Bulgaria, dan beberapa bahasa lain di sekitarnya. Perbedaan pertama terdapat pada jumlah huruf yang ada. Dalam bahasa Rusia terdapat 33 huruf. 2 huruf sebagai penanda keras-lunak (tidak dilafalkan), 31 huruf sisanya dilafalkan. Jika dibandingkan dengan bahasa Indonesia, secara garis besar ada 3 kelompok huruf dalam bahasa Rusia.

1. Kelompok huruf yang sama dalam penulisan, namun beda dalam pelafalan.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
P dalam bahasa Rusia tidak dibaca [pe], melainkan [er], sebagaimana R dalam bahasa Indonesia. B dibaca [ve]/[we], sebagaimana V/W dalam bahasa Indonesia. H dibaca [en], sebagaimana N dalam bahasa Indonesia. Begitu pun seterusnya pada beberapa huruf sejenis.

2. Kelompok huruf yang baik penulisan maupun pelafalan benar-benar sama.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
3. Kelompok huruf yang memang sama sekali tidak terdapat dalam bahasa Indonesia.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Lalu kenapa sih bahasa Rusia menggunakan alfabet tersebut? Singkatnya, alfabet tersebut diciptakan oleh dua orang misionaris pada abad ke-9, yaitu St. Methodius dan St. Cyrill. Adapun tujuan diciptakan alfabet tersebut ialah untuk memudahkan kedua misionaris dalam menyebarkan ajaran Kristen Ortodoks kepada masyarakat Rusia saat itu. Alfabet Sirilik ini diadopsi dari alfabet Yunani. By the way, percaya nggak? Ketika kalian sudah terbiasa membaca tulisan bebahasa Rusia dalam alfabet aslinya yaitu alfabet Sirilik, kalian pasti kesulitan membaca tulisan yang sama dalam alfabet Latin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x