Mohon tunggu...
Satria MelgaUtama
Satria MelgaUtama Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Teknik Sipil

Mahasiswa Teknik Sipil

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Percepat Upaya Pemberantasan Covid-19, Mahasiswa KKN UM Beri Pembekalan mengenai Vaksinasi kepada Masyarakat Desa Ngenep

26 Desember 2021   13:45 Diperbarui: 26 Desember 2021   13:50 131 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana Adalah Platform Blog. Konten Ini Menjadi Tanggung Jawab Bloger Dan Tidak Mewakili Pandangan Redaksi Kompas.

Coronavirus Disease 2019 atau yang akrab disebut (COVID-19) merupakan sebuah penyakit menular yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS CoV-2). Sumber penularan sekaligus kasus pertama COVID-19 adalah berasal dari pasar ikan di Wuhan, Provinsi Hubei, China. 

Sejak kasus pertama tersebut muncul, kasus COVID-19 terus meningkat di China setiap harinya hingga menyebar ke seluruh dunia termasuk di Negara Indonesia.

Virus COVID-19 ini memiliki kemampuan penyebaran yang cukup cepat, dan risiko tertinggi dari virus ini adalah menyebabkan kematian. 

Dilansir dari sebuah situs Kawal COVID-19 data kasus per 26 Desember 2021 tercatat jumlah kasus terkonfrmasi yang berada di Indonesia khususnya adalah sebanyak  4.261.667 dengan jumlah kematian sebanyak 144.053. 

Berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk memberantas virus tersebut diantaranya dibuatnya beberapa protokol kesehatan yang seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan sebagainya.

Adapun upaya yang berdampak besar untuk mencegah virus tersebut dan sedang digalakkan oleh pemerintah yakni adalah kegiatan vaksin. Vaksin merupakan sebuah produk biologis yang mengandung unsur antigen mikrooganisme yang sudah dilemahkan dan juga berupa toksin mikroorganisme yang telah diolah menjadi toksid atau protein rekombinan, yang sudah ditambahkan dengan zat lainnya. Dengan demikian vaksin berguna untuk membentuk kekebalan spesifik secara aktif terhadap penyakit tertentu.

Meskipun berbagai pengetahuan mengenai COVID-19 dan bagaimana upaya-upaya pencegahannya sudah tersebarluas, masih banyak masyarakat yang masih minim informasi sehingga kurang mematahui peraturan-peraturan yang dibuat mengenai virus tersebut. 

Melihat akan hal tersebut mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) yang tengah melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengadakan suatu program “Pembekalan Mengenai Vaksin dan COVID-19” kepada masyarakat di Kawasan Desa Ngene, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Kesadaran agar timbul kemauan untuk melakukan vaksinasi diperlukan untuk mempercepat pemulihan kondisi tersebarnya virus COVID-19 yang ada di Indonesia pada khususnya. 

Salah satu cara yang dilakukan dalam melakukan upaya tersebut adalah dengan melakukan kegiatan pembekalan atau suatu pemberian edukasi mengenai COVID-19 dan pentingnya kegiatan vaksinasi yang harus dilaukan untuk mencegah virus tersebut. 

Kegiatan ini ditujukan untuk para masyarakat yang berada lingkungan Desa Ngenep. Kegiatan pembekalan mengenai vaksin dan COVID-19 ini dilaksanakan selama satu hari yaitu pada hari jumat (10/12/2021) yang dilakukan secara berkeliling pada setiap posyandu yang berada di Desa Ngenep.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan