Mohon tunggu...
Satinisa Sa
Satinisa Sa Mohon Tunggu...
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Ketentuan-ketentuan Etika Profesional Auditor

20 Juli 2017   13:07 Diperbarui: 20 Juli 2017   13:14 2094 0 0 Mohon Tunggu...

Ketentuan Etika yang Berkaitan dengan Audit atas Laporan Keuangan

  • Auditor harus mematuhi ketentuan etika yang relevan, (termasuk ketentuan yang terkait dengan independensi) yang berkaitan dengan perikatan audit atas laporan keuangan.

Skeptisisme Profesional

  • Auditor harus merencanakan dan melaksanakan audit dengan skeptisisme profesional mengingat adanya kondisi yang mungkin menyebabkan terjadinya salah saji material atas laporan keuangan.

Pertimbangan Profesional:

Merupakan hal penting untuk melaksanakan audit yang semestinya. Karena interpretasi terhadap ketentuan Etika dan SA yang relevan serta keputusan yang disyaratkan dalam audit tidak dapat dibuat tanpa penerapan pengetahuan dan pengalaman yang relevan dengan fakta dan kondisi yang bersangkutan. Pertimbangan profesional diperlukan, khususnya dalam keputusan yang berkaitan dengan :

  • Materialitas & risiko audit
  • Sifat, waktu dan luas prosedur audit yang digunakan untuk memenuhi ketentuan SA dan untuk mengumpulkan bukti audit.
  • Penilaian apakah bukti audit yang cukup dan tepat telah diperoleh, dan apakah diperlukan prosedur tambahan untuk mencapai tujuan SA dan tujuan keseluruhan auditor
  • Penilaian atas pertimbangan manajemen dalam menerapkan kerangka pelaporan keuangan yang berlaku bagi entitas
  • Penarikan kesimpulan berdasarkan bukti audit yang diperoleh. Contoh : penilaian apakah estimasi yang dibuat oleh manajemen masuk akal dalam penyusunan laporan keuangan.

Bukti Audit yang Cukup dan Tepat serta Risiko Audit

  • Untuk memperoleh keyakinan memadai, auditor harus memeroleh bukti audit yang cukup dan tepat untuk mengurangi risiko audit ke tingkat rendah yang dapat diterima dan dengan demikian memungkinkan auditor untuk menarik kesimpulan memadai yang mendasari opini auditor. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x