Mohon tunggu...
Satika NomitamaHarahap
Satika NomitamaHarahap Mohon Tunggu... Mahasiswa

Nama : Satika Nomitama Harahap Tempat, tanggal lahir : Rantauprapat, 4 desember 1998 Alamat : Jl. Tirtabina

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Hidup Sehat di Era New Normal Sudut Pandang Kesehatan dan Islam

2 Agustus 2020   13:20 Diperbarui: 2 Agustus 2020   16:05 59 3 1 Mohon Tunggu...

Pada  bulan januari 2020, Indonesia  dikejutkan dengan tersebarnya COVID-19.  Virus ini muncul pertama kali sejak desember tahun 2019 di Wuhan. COVID-19 pertama dilaporkan di Indonesia pada tanggal 2 Maret 2020. Di Indonesia sendiri, pada 26 Juli 2020 total kasus mencapai angka 98.778 kasus . Maka dari itu,  perlunya kesadaran dari masyarakat untuk tetap menjaga kesehatannya baik jasmani maupun rohani demi mencegah infeksi virus Corona.   Indonesia telah menerapkan New Normal, yang mana kebijakan ini dilakukan dalam upaya membangkitkan kembali perekonomian Indonesia yang sempat menyurut. Meski begitu walaupun telah memasuki era New Normal, bukan berarti Virus dari COVID-19 telah hilang begitu saja. Kita harus tetap hidup sehat dikarenakan Virus dari COVID-19 dapat menginfeksi  tubuh manusia saat sistem kekebalan tubuh manusia lemah.  Sistem kekebalan tubuh yang menurun dapat dipengaruhi oleh pola makan yang buruk, kebiasaan merokok dan strees.

Dalam menjaga kesehatan dibutuhkan sistem kekebalan tubuh yang kuat yaitu dengan cara mengonsumsi makanan yang bergizi terutama yang memberi manfaat dalam hal menjaga kekebalan tubuh, seperti :

  • Mengonsumsi makanan bergizi  yang mengandung vitamin yang membantu dalam kekebalan tubuh Seperti : sayur brokoli, paprika, bayam dan buah:  jambu, jeruk serta pepaya.
  • Minum air yang cukup, sebanyak 8-10gelas /hari, Air minum membantu penyerapan nutrisi untuk membangun kekebalan tubuh.
  • Olahraga kecil di rumah, Seperti: Push up, angkat beban, senam, treadmill, naik turun tangga dan lainnya. Lakukan selama 20-30  menit.
  • Istirahat yang cukup, Saat tidur atau  istirahat tubuh akan lebih banyak memproduksi antibodi. Istirahat yang cukup setidaknya 7-9 jam/hari.
  • Berhenti merokok bagi perokok, Perokok aktif dan pasif dapat menurunkan kekebalan tubuh karena adanya ribuan racun pada asap rokok
  • Menghindari stres, Stres dapat memicu hormon kortisol yang dapat melemahkan kekebalan tubuh.  Agar tidak stres lakukan hobi yang disukai, istirahat cukup, jauhkan pikiran negatif dan bersosialisasi.
  • Mencuci tangan, Mencuci tangan adalah tindakan untuk mencegah penularan virus melalui tangan, mencuci tangan sangat dianjurkan menggunakan sabun terutama saat berada  di luar rumah.
  • Menggunakan masker, Kenapa harus menggunakan masker? Karena virus COVID-19 masuk ke tubuh manusia melalaui sistem pernafasan

Sebagaimana defenisi sehat yang dituturkan oleh WHO, sehat yaitu "keadaan yang sempurna baik fisik, mental, sosial, tidak hanya terbebas dari penyakit atau kecacatan". Artinya dalam masa pandemi saat ini selain fisik yang sehat juga dibutuhkan rohani dan sosial yang sehat. Islam telah memberikan solusinya dalam mengatasi rasa cemas, takut dan sebagainya, yang dijadikan obat dalam rohani setiap manusia. Salah satunya yaitu :

  • Membaca Al-Quran, Menurut penelitian Muhammad Salim membaca Al-Quran akan membuat getaran yang membuat sel yang sudah rusak pada tubuh akan kembali bekerja menurut, Hal ini selaras dengan firman Allah Ta'ala : "Dan kami turunkan dari Al-Quran suatu yang menjadi penawar (obat) dan rahmat bagi orang yang beriman"(QS 17:82)
  • Berdzikir, Berdzikir meupakan salah satu cara dalam islam untuk menenangkan jiwa dengan jiwa yang tenang maka akan muncul imunitas tubuh yang kuat "Yaitu orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah, ingatlah hanya mengingat Allahlah hati menjadi tentram"(QS.13:28)
  • Berwudhu, Wudhu bertujuan untuk membersihkan tubuh manusia, hal ini sama pentingnya dengan cuci tangan. Dengan berwudhu sama seperti kita mencegah penularan virus

Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan membantu manusia untuk meminimalisir terinfeksinya manusia tersebut dari COVID-19, maka dari itu dengan diterapkannya hidup sehat diharap mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, baik dari segi jasmani maupun rohani

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x