Mohon tunggu...
Raisya NadiraRama
Raisya NadiraRama Mohon Tunggu... Full Time Blogger - pelajar

Labs

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

SAKSI 2019

21 Februari 2019   06:24 Diperbarui: 21 Februari 2019   06:56 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

SAKSI. SAKSI adalah kegiatan tahunan SMP Labschool Jakarta yang wajib diikuti oleh semua siswa/siswi yang lama maupun baru. Tahun ini angkatan 27 lah yang berangkat ke tempat "langganan" SMP Labschool untuk melaksanakan SAKSI. Tempat itu adalah Sangga Buana. Tetapi sebelum kita melaksanakan kegiatan SAKSI ini, kita melaksanakan Pra-SAKSI selama 3 hari.Stelah melaksanakn Pra-SAKSI akhirnya kita berangkat pada tanggal 1 Februari 2019 ke Sangga Buana.

Pada tanggal 1 Februari kami berangkat dari sekolah sekitar jam 09.00, perjalanan dari SMP Labschool Jakarta ke Sangga buana kurang lebih butuh 2 setengah jam. Bus yang disediakan untuk angkatan 27 ada 6 dan per-busnya akan ada OSIS/MPK/ROHIS yang ikut. 

Di tiap bus juga akan ada minimal 2 guru yang akan mendampingi selama perjalanan. Pembagian bus berdasarkan kelompok SAKSI yang sudah ditentukan sebelumnya. Aku berada di bus 5  bersama kelompok 4,5, dan 6. Guru yang mendampingi di bus ini adalah Pak Warisno, guru PKN kelas 7.

Selama perjalanan banyak yang bercanda,tidur,makan, bahkan bernyanyi. Bus sempat sepi saat hampir semua naka-anak tertidur pulas karena perjalanna yang panjang dan kegiatan yang terbatas.

Tetapi kami semua bisa menikmati perjalan panjang ini dengan gembira. Perasaan gembira,penasaran,takut bercampur aduk dalam diri kita karena tidak sabar melihat sangga buana dan tangga-tangga sucinya. Membayangkannya membuat kami takut tapi juga tidak sabar.

Setelah 2 setengah jam perjalanan yang panjang, akhirnya kami semua sampai di tempat yang kami tunggu-tunggu, Sangga Buana. Perlahan-lahan, tiap murid turun dari busa yang dinaiki mereka sebelumnya.Sesaat setelah kami turun kami dipanggil dengan peluit untuk segera baris dengan rapih di lapangan untuk melakukan apel pembukaan SAKSI 2019. 

Kegiatan tahunan ini sudah biasa bekerja sama dengan para tentara dari kostrad sehingga mereka sudah akrab. Setelah mendengar peluit, kami semua secara otomatis langsung berlari ke arah lapangan yang sudah di tentukan.Pikiran kami pasti campur aduk, pikiran bingung karena baru dateng udah di suruh lari-lari, pikiran senang karena akhirnya bisa merasakan saksi

Selama apel pembukaan kami diawasi oleh para tentara kostrad yang sudah terlatih. Kami diberi informasi-informasi tentang tempat ini secara detail, karena kami pasti membutuhkannya selama 3 hari 2 malam di Sangga Buana. Setelah apel pembukaan dilaksanakan, satu-persatu kelompok dipersilahkan untuk mulai menaiki "tangga-tangga suci" yang selama ini sudah disebutkan dalam lagu maupun saat sosialisasi. 

Pertama kali menginjak anak tangga kami merasa semangat tetapi mungkin beberapa dari kami tidak kuat sehingga mereka yang sakit naik ke atas menggunakan mobil. 

Saya, sebagai wakil harus berdiri di paling belakang barisan kelompok saya tentunya. Sampai di atas kami diberi materi tentang kepemimpinan, setelah itu shalat jumat dan dzuhur,makan siang,materi tentang reptil dan dilanjutkan materi tentang bahaya narkoba bagi remaja.

 Setelah semua kegiatan itu selesai kami diberi waktu untuk bersih-bersih bersiap-siap untuk kegiatan yang akan datang yaitu fun games. Selama fun games kami semua tertawa dan terhibur, semua merasakan kesenangan. Malam itu berakhir di situ dan kami semua pun tertidur lelap.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun