Mohon tunggu...
Sastro Admodjo
Sastro Admodjo Mohon Tunggu... Musisi - babaasad.com

Seorang pengembara edan. Mencari keindahan alam semesta Tuhan. Menorehkan tulisan untuk saling berbagi pengalaman. Menikmati kopi hitam, menjadi tuntutan dengan kawan.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Globalisasi dan Toleransi dalam Islam

25 Desember 2017   03:00 Diperbarui: 25 Desember 2017   03:12 1336
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Dalam kancah modernisasi, dewasa ini Islam mengalami tantangan tersendiri dari beberapa sudut, baik dalam pergaulan bahkan sampai kepada permasalahan yang menyentuh keyakinan beragama itu sendiri.

Praktek yang digulirkan oleh modernisasi tersebut telah mendatangkan istilah globaliasasi. Kata ini memang sangat unik dan menjadi perdebatan dipelbagai kalangan; budayawan, pemikir dan tokoh agama terkemuka. Jadi tidak salah apabila paham globalisasi ini sering memunculkan kontroversial diantara pemaham tataran konsep tersebut, ada yang menolak atau ada pula yang menyetujuinya. 

Bagaimana tidak, kalau ditinjau kembali terhadap tujuannya, kira-kira seperti ini: untuk menyamaratakan semua faham yang memberlakukan dunia secara umum sebagai lingkungan pengaruh politik, dan tentunya secara menyeluruh diberbagai aspek (Kamus Ilmiah Populer; Red). 

Mengingat permasalahan ini cukup rumit dan mungkin bisa dikata menakutkan pada tubuh Islam, maka sebagian tokoh terkemuka Islam mencari sebuah solusi untuk menyaring kemudian mencerna segala yang datangnya dari globalisasi itu. Adalah Dr. Yusuf Qordawi,  salah satu tokoh terkemuka yang sangat giat untuk mencari solusinya. 

Selain dakwah lewat tulisan, (untuk menanggapi datangnya globalisasi) ia juga menekuni kegiatan tulis-menulis untuk mempertahankan Islam, karena dengan cara inilah nantinya bisa memberikan pemecahan masalah terkait berduyun-duyunnya globalisasi yang mulai merebah diberbagai aspek itu.

Tulisan yang patut kita apresiasi dari Yusuf Qordlowi (seorang tokoh Islam yang memunyai pemikiran moderat) untuk mengamankan Islam dari budaya asing, yang berjudul: Khithobuna Al-Islamy Fi 'Asril 'Aulamah, didalam buku itu, ia menggambarkan posisi muslim dan peranannya dalam menghadapi globalisasi.

Diawal tulisannya (hal, 19) ia terlebih dahulu memberikan pertanyaan mendasar akan posisi agama Islam pada saat ini, "hal yataghayyaru al-khitob addini?," tanyanya dalam oretan hitamnya, dengan cermat ia menggiring pemahaman al-khitob ad-dinidengan kontek zaman sekarang.Namun sebelum kita berpanjang lebar membincang masalah ini, terlebih dahulu kita mencari tahu apa pengertian al-khitob ad-dini yang ditawarkan oleh Qordawi. 

Maksud dari Khitob addinidalam pandangannya ialah penjelasan yang mengarahkan pada agama Islam baik itu kepada orang muslim maupun non-muslim, dengan tujuan untuk mengajak dan memberikan pemahaman kepada mereka tentang  Islam. Tentu tak luput dengan berbagai aspek pula, baik etika, interaksi dan transaksi perdagangan; mengingat globalisasi saat ini menjamur diberbagai lini.

Dari pertanyaan pragraf diatas, ia menemukan sebuah tawaran konsepsi jawaban dari pertanyaan itu. ia memaparkan bahwa agama dari berbagai sisi; ushul, aqidah, etika dan syariat, tidaklah berubah, akan tetapi yang patut dirubah adalah metodologi-tranformasi Islam. Secara tidak langsung, ia mau mencoba untuk mengkontektualisasikan dan membumikan ajaran Islam sesuai dengan zaman berikut kebutuhan masyarakat terhadap agama itu sendiri. 

Sebagaimana kita ketahui bahwa perkembangan penyebaran Islam dipersesuaikan dengan kebudayaan masing-masing penduduk setempat. Hal yang bisa kita ketahui dalam bentuk penyesuaian itu terbingkai di negara Indonesia. Sebagaimana kita ketahui, Indonesia mempunyai ragam kultur, yang mungkin bisa disebutkan, Islam tidak boleh masuk sembarangan untuk kawasan-kawasan tertentu, karena didalamnya masih banyak penganut-penganut agama Pagan.

Paham kontektualisasi-tranformasi Islam bukan hanya tergambar para era globalisasi ini.  Akan tetapi pada zaman primitif pun hal ini bisa dibuktikan dengan turunnya al-quran kepada orang-orang Mekah yang tidak sama kondisinya dengan Madinah. Terbukti, disana terdapat perubahan-perubahan penyesuai medode dakwah dengan sosio-kultur kala itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun