Mohon tunggu...
SASTRI YUNIARSIH
SASTRI YUNIARSIH Mohon Tunggu... Guru - Guru Mapel Seni Tari/SMA N 4 Purwokerto

Nama : Sastri Yuniarsih, S.Sn Guru Mapel Seni Budaya (Tari)

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aplikasi TikTok sebagai media Pembelajaran Seni Tari

9 Desember 2022   13:30 Diperbarui: 9 Desember 2022   14:58 128
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Zaman modern seperti sekarang ini sudah diketahui bahwa hampir semua masyarakat kini bergantung pada teknologi. Tentu hal ini membuat teknologi menjadi kebutuhan dasar bagi setiap orang. Teknologi tidak memandang usia baik anak muda hingga orang tua, orang awam hingga orang ahli sekalipun tentu membutuhkan teknologi dalam berbagai aspek kehidupannya. Kini sudah diketahui bahwa teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat. Dahulu teknologi sangat berpengaruh dalam aspek kehidupan manusia. Tidak hanya itu, bahkan teknologi juga ikut berperan dalam kehidupan masyarakat luas contohnya dibidang pendidikan.

Salah satu tekhnologi dalam bentuk Aplikasi yang kini tengah degemari oleh kaum pelajar ialah aplikasi Tik tok. Tik Tok adalah sebuah aplikasi di mana para penggunanya bisa berbagi video musik dengan durasi pendek. Selain nama TikTok, dia juga dikenal dengan Douyin, sebuah video pendek vibrato yang diluncurka oleh Tiongkok pada September 2016. Pada saat itu, aplikasi ini langsung diterima di Indonesia. 

Bagaikan dua sisi koin mata uang, TikTok memiliki sisi positif dan negatif pada waktu yang bersamaan. Bagi sebagian besar masyarakat kita, aplikasi TikTok masih dianggap sebatas untuk media hiburan saja dan cenderung kurang bermanfaat bahkan dianggap negatif. Namun, dalam beberapa kasus, saat ini TikTok dapat digunakan sebagai sarana edukasi bagi masyarakat luas. 

Aplikasi TikTok dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran seni tari karena dapat memenuhi kebutuhan belajar siswa dan menarik minat siswa dengan keterbaharuannya, serta memiliki banyak fitur yang dapat diimplementasikan ke dalam pembelajaran. Selain itu, aplikasi ini ekuivalen dengan perkembangan kematangan dan pengalamannya serta karakteristik peserta didik yang merupakan generasi milenial yang lekat dengan dunia digital khususnya gawai.

 Media pembelajaran ini termasuk dalam kategori media pembelajaran berbasis mobile learning. O’Malley dalam Purbasari (2013), mobile learning yaitu suatu pembelajaran yang pembelajar (learner) tidak diam pada satu tempat atau kegiatan pembelajaran yang terjadi ketika pembelajar memanfaatkan perangkat teknologi bergerak. Aplikasi TikTok dalam pembelajaran keterampilan materi pembelajaran seni tari dapat diterapkan dalam banyak kompetensi dasar, misalnya keterampilan pada tari kreasi. Dalam kompetensi dasar tersebut menekankan pada aspek suprasegmental siswa dalam mempraktekkan atau memeragakan ragam gerak tari kreasi. Siswa dapat diminta untuk menyiapkan sebuah rekaman ragam gerak tari kreasi kemudian siswa dapat mengunggahnya dengan fitur media lagu latar yang disesuaikan dengan iringan tari gerak tersebut. Setelah itu, dikomunikasikan dalam jejaring kelas. Pada tahap ini guru dan siswa dapat melakukan evaluasi bersama. Siswa dapat memanfaatkan fitur duet atau kolaborasi dengan teman satu kelas. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun