Karir

Disnaker Sumedang, Siapkan Tenaga Kerja Mandiri

9 Oktober 2018   17:16 Diperbarui: 10 Oktober 2018   10:10 325 0 0
Disnaker Sumedang, Siapkan Tenaga Kerja Mandiri
Dokpri

Kegiatan Pembekalan Peserta Wirausaha Baru Tenaga Kerja Mandiri dengan Pola Pendampingan bagi Orang Tua Pekerja Anak pada Lembaga Pemerintah dan Non Pemerintah diikuti sebanyak 40 orang  baik yang sudah mempunyai rintisan usaha ataupun belum,  para peserta umumnya mempunyai rintisan usaha di bidang Kuliner, Nelayan  Pertukangan/ bangunan,Perbengkelan, Kegiatan terlaksana atas kerjasama antara Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sumedang dengan Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui  Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja dan Perluasan Kesempan Kerja Lembang.

Kegiatan ini bertujuan menciptakan dan memperluas kesempatan kerja baru, memperluas dan mengembangkan kegiatan ekonomi lokal yang produktif dan berkelanjutan pada skala mikro dan kecil/menengah, serta membangun dan mengembangkan motivasi dan inovasi masyarakat agar mau mengelola potensi sumber daya lingkungan,sekaligus meningkatkan taraf hidup orang tua yang memiliki anak putus sekolah sehingga mereka bisa kembali melanjutkan sekolahnya

Kegiatan pembekalan ini  berlangsung di dua desa dari dua kecamatan yakni Kec. Darmaraja, dari beberapa desa yang dilaksanakan pada  tanggal 19 -21 September 2018 diikuti 20 orang  ,Desa kedua yaitu Desa Mekarasih Kec. Jatigede, yang dilaksanakan tanggal 2-4 Oktober 2018 diikuti oleh 20 orang.

Acara dibuka secara resmi oleh Kadisnakertrans Kab. Sumedang, Kepala Bidang Tenaga Kerja Asep Rahmat Hidayat S.IP,M.SI dan dalam sambutannya, Kepala Bidang Disnaker menyampaikan  bahwa keberadaan wirausaha dalam sebuah negara memiliki peran penting sebagai motor penggerak ekonomi dan pembangunan, oleh karena itu sangat diharapkan agar para pelaku usaha ini bersungguh-sungguh dalam menjalankan usahanya agar kelak bisa mandiri.

Program tenaga kerja mandiri menawarkan Melalui Tenaga Kerja Mandiri dengan Pola Pendampingan bagi Orang Tua Pekerja Anak pada Lembaga Pemerintah dan Non Pemerintah). 

Dalam program ini Kemnakertrans menawarkan program pelatihan dan bantuan sarana usaha yang ditujukan bagi tenaga kerja sukarela (TKS) dan kelompok binaannya melalui subsidi program dan program penguatan usaha kelompok dampingan. (Admin)