Mohon tunggu...
Saskya Veronika Cleopatra
Saskya Veronika Cleopatra Mohon Tunggu... Guru - Mengajar adalah kontribusi bagi bangsa.

Belajar adalah perjalanan panjang.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Daniel Tetangga Kamu: Teladan Kehidupan Beragama di Indonesia

28 Maret 2021   17:57 Diperbarui: 28 Maret 2021   18:19 230 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Sebuah channel youtube "Daniel Tetangga Kamu" dirilis sejak Oktober 2020 lalu. Konten yang dipresenteri Daniel Mananta ini berisikan kisah-kisah yang sangat inspiratif dan spiritual. Ungkapan-ungkapan yang sangat menginspirasi kerap kali terucapkan oleh para artis yang merupakan narasumbernya.

Konten ini memberi warna yang berbeda dari konten-konten inspiratif lainnya. Percakapan yang melibatkan kehidupan pribadi dan spiritual para artis ini sangat terasa nyata dan dapat menjadi bahan pelajaran/ refleksi bagi penontonnya.

Daniel Mananta yang adalah seorang Kristiani dapat bersikap sangat nasionalis dan empati terhadap seluruh narasumbernya. Hal ini sangatlah wajar karena di negara kita, Indonesia, ada berbagai agama dan kerukunan antarumat beragama diatur dalam undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Motto dalam acara ini adalah "Sebagai tetangga, kita harus saling menyangga bukan menyanggah." Hal ini sangat terlihat nyata dalam setiap percakapan yang ada pada channel ini.

Artis yang diwawancarai pun beragam: ada yang beragama Muslim, Kristen, Katolik, dsb. Mulai dari artis muda seperti Marsya Aruan sampai seorang legendaris Ahmad Dhani pun diwawancarainya. Pasangan-pasangan yang sangat diidolakan di Indonesia pun sudah mendapat giliran dikunjungi oleh mantan VJ MTV ini. 

Hal menarik lainnya, dalam beberapa kunjungan atau pertemuan, ia lakukan bersama dengan isterinya. Hal apapun tidak tabu untuk dibicarakan. Kita bisa merasakan betapa erat persaudaraan yang dibangun di antara Daniel dan para artis yang menjadi narasumbernya.

Seluruh artis yang diwawancarai pada acara ini seolah menyampaikan kepada penonton/ pendengarnya bahwa kita semua bersaudara. Masa-masa sulit para artis dan bagaimana menghadapinya biasanya menjadi topik yang tidak pernah tertinggal untuk dibicarakan.

Untuk menemukan acara ini, kita dapat mengakses channel youtube "Daniel Mananta Network" dan podcast "Daniel Tetangga Kamu" --jika hanya ingin mendengar audio saja. Cuplikan-cuplikan wawancaranya dapat diakses melalui instagram "Daniel Tetangga Kamu".

Acara ini ditayangkan setiap Senin-Jumat pukul 16.00 WIB dan ditayangkan secara lengkap pada hari Sabtu (gabungan Senin-Jumat).

Sebagai generasi dan warga negara ini, kita pun perlu turut menyangga tetangga-tetangga kita dengan membuka diri--membuka hati untuk dapat saling meneguhkan dan menguatkan satu sama lain. 

Keberagaman SARA memang sudah menjadi ketetapan Sang Pencipta untuk bangsa kita, namun hal itu ada bukan untuk saling menyakiti atau saling membenci. Kiranya, sebagaimana yang dilakukan Daniel Mananta, kita pun dapat turut melihat kebaikan Tuhan dalam hidup semua orang--menyangga bukan menyanggah. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan