Mohon tunggu...
Saskia Dewi
Saskia Dewi Mohon Tunggu... seorang mahasiswa pendidikan matematika di Universitas Singaperbangsa Karawang angkatan 2017.

musuh besar dalam kesuksesan adalah rasa malas.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Teka-Teki Silang

23 Mei 2020   13:12 Diperbarui: 23 Mei 2020   13:17 1 0 0 Mohon Tunggu...

Saskia Dewi Rahmawati

Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unsika

saskia.dewi17152@student.unsika.ac.id.

Bisa kita bayangkan bagaimana belajar dengan menggunakan model yang biasa seperti yang digunakan pada proses pembelajaran biasanya pasti akan bersifat membosankan bukan ? salah satu solusi untuk dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar bisa dengan menggunakan cara belajar sambil bermain. bermain merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan anak karena dengan bermain adalah salah satu keinginan anak secara alami. permainan dapat menjadi penunjang dalam pertumbuhan anak.

Anggeni (2000: 2) mengemukakan bermain adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan atau tanpa mempergunakan alat yang menghasilkan pengertian atau member informasi, memberikan kesenangan maupun mengembangan imajinasi pada anak. Menurut Fredrik (2005: 19) Bermain sambil belajar membuat siswa lebih rileks dalam menghadapi pembelajaran, dengan sendirinya materi pembelajaran akan cepat dikuasai siswa dan tujuan pembelajaran tercapai sesuai dengan yang diharapkan.

Nah, dengan menggunakan model belajar sambil bermain dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran matematika sendiri, masih banyak siswa yang beranggapan bahwa matematika itu sulit, susah, dan tidak menyukainya. mungkin hal ini dikarenakan kurang tepatnya penggunaan model pembelajaran pada materi yang diajarkan yang dapat membuat siswa tidak menyukai pembelajaran tersebut.

untuk dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa bisa dengan menggunakan pembelajaran menggunakan games teka teki silang, games teka teki silang itu apa sih ? Menurut (Asmaningrum, 2017) TTS adalah susunan kotak-kotak yang diberi nomor yang diisi dengan kata-kata, setiap kotak diisi satu huruf sehingga membentuk suatu kata yang ditempatkan secara horizontal dan vertikal. Sejalan dengan Claire yang mengatakan bahwa sebuah teka-teki kata dalam kotak hitam dan putih yang berbentuk persegi yang tujuannya untuk menulis satu huruf disetiap persegi putih untuk membuat kata-kata dengan diberikan petunjuk pertanyaan. Kotak hitam menandakan dimana kata berakhir (Claire, 2010). 1

untuk lebih mengerti cara belajar perbandingan dengan games teka teki silang seperti apa bisa dilihat di akses dilaman youtobe.

Berikut link video  :

https://youtu.be/-wqH--XW400

bagaimana sudah paham akan materi yang dijelaskan, semoga bermanfaat 

VIDEO PILIHAN