Fesyen

Yuk Kenalan dengan Si Cantik, Kain dari Bali!

10 Januari 2019   14:37 Diperbarui: 10 Januari 2019   15:37 357 0 0

Nah kalau biasanya Anda mengenal kain tradisional Indonesia adalah Batik, songket, kain tenun dan juga jarik yang adanya di Jawa, Minangkabau dan Lombok, apakah Anda menganal jenis kain Cantik yang berasal dari pulau sejuta turis ini, ya mana lagi kalau bukan Bali. Bukan hanya pantai dan juga tarian Bali yang cantik loh, Bali pun memiliki berbagai kain yang tidak kalah cantik memukau. Berikut adalah beberapa kain cantik yang bisa Anda temui di pulau Bali.

Kain Degdeg

Kain Degdeg ini sangatlah spesial, karena kain ini bukan buatan mesin, kain cantik yang satu ini dibuat dengan alat tenun biasa. Kain degdeg merupakan kain yang tanpa motif. Hal tersebut membuat kain ini tidak memakan waktu yang lama untuk membuatnya, karena penenun akan menggerakan alat tenun dengan sangat cepat dan alat tenun akan mengeluarkan suara seperti nama kain ini yaitu "deg... deg...deg..." berulang dengan cepat. 

Kain tradisional Bali- Seseh

Kain seseh yang diaplikasikan pada tas laptop

Kalau kain yang satu ini lebih bermotif walaupun cukup sederhana. Kain Seseh,merupakan kain cantik dari Bali yang juga dibuat dari alat tenun biasa (tanpa mesin). 

Nah, motif dari kain ini abstrak atau bisa dikatakan tidak berpola. Jika Anda tadi sudah membaca kalau degdeg tidak bermotif menyebabkan pembuatan yang cepat dan namanya berasal karena pembuatan berbunya degdef maka seseh mendapatkan nama sesuai dengan motifnya. Kain seseh ini memiliki motif yang hampir serupa dengan motif pohon kelapa. Seseh dalam bahasa bali berarti kayu pohon kelapa.

 

Kain Endek

Kain Endek

Kain yang juga dibuat denan alat tenun bukan mesin ini adalah Kain Endek. Kain yang satu ini memiliki waktu pembuatan yang lebih lama daripada kain-kain sebelumnya karena penenun harus membuat motif di kain ini. 

Anda bisa menemukan warna dasar dari kain ini dengan berbagai wana, mulai dari yang cerah hingga yang gelap. Pewarbna sintetis dan alami bisamenjadi pilihan untuk mewarnai kain ini. Warna alami biasanya berwarna lebih gelap daripada warna sintetis. 

Cara perwarnaan nya dan juga pembuatan motifnya yaitu dengan cara mengikat benang-benang yang akan dijadikan pakan lalu diwarnai, karena itu kain ini juga dikenal sebaga Kain Ikat Bali. Kain ini juga memiliki beberapa bahan baku yang berbeda seperti benang tradisional yang di buat dari kapas dan dipintal secara tradisional hingga menggunakan benang sutra.

Kain Songket

Kain Songket Bali

Nah ternyata kain songket bukan hanya dari Minangkabau atau Palembang saja, Bali pun memiliki kain yang cantik ini, tentu saja dengan keunikannya tersendiri. Kain ini dibuat dengan alat tradisional yang disebut dengan Cagcag. Kalau di daerah lain biasanya kain Songket menggunakan benang emas arau perak, Songket Bali lebih bewarna warni. 

Benang berwarna digunakan untuk membuat motif dari kain ini. Itu sebabnya kain Songket Bali ini cukup malah tergantung dari kerapatan motif benang emas dan benang berwarna yang ada pada kain itu. Kain ini juga tidak boleh sembarang dicuci, karena dapat merusak pola benang emas yang ada di permukaan kain.

Kain Prada

Penari dengan kostum dari Kain Prada

Nama prada yang mirip dengan brand fashion ternama ini  adaka kain tradisional Bali yang memiliki motif lukisan dengan menggunakan cat emas. Dasar dari Kain Prada bisa berupa kain polos ataupun kain bermotif seperti seseh ataupun Endek. 

Kain ini pun tidak boleh dicuci secara sembarangan karena jika terendam air maka cat emas bisa terlepas dari kain. Kain ini pada umumnya tidak digunakan sehari-hari, namun digunakan untuk sara persembahyangan atau kostum tari.

Setelah mengenal beberapa kain cantik dari Bali ini, kira-kira kain jenis apa yang ingin Anda beli untuk sekedar di koleksi atau dijadikan oleh-oleh? 

Sumber Artikel: https://magazine.yoexplore.co.id/destinasi/bali/kain-tradisional-bali/