Mohon tunggu...
Nur Annisa Hamid
Nur Annisa Hamid Mohon Tunggu... Wiraswasta - blogger dan content creator

seorang wanita yang hobi travelling, menulis dan menyukai anak-anak selalu berfikir positif dan bersyukur dalam segala hal

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Melalui Festival Kreatif Lokal 2022, Tingkatkan Kreativitas dan Semangat Berbagi

4 November 2022   21:53 Diperbarui: 4 November 2022   22:27 136
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: festivalkreatiflokal2022.com

Indonesia dikenal sebagai negara agraris dimana sebagian besar masyarakat berprofesi sebagai petani atau peternak di pedesaan.

Jika dahulu desa dianggap sebagai tempat yang kurang populer, kini justru banyak paket wisata yang menawarkan wisatawan berlibur ke desa. Ini saya alami  sendiri disaat saya butuh refreshing, desa menjadi tempat yang tepat karena memiliki alam yang indah,  udara segar, air bersih, makanan yang sehat dan atraksi budaya yang menarik. 

Hal inilah yang kemudian dilakukan Adira Finance dalam Festival Kreatif Lokal 2022 dan Festival Pasar Rakyat 2022. Kegiatan ini diadakan agar ekonomi kreatif Indonesia bisa terus berkembang dan masyarakat bisa mendukung acara ini dengan berkunjung juga membeli produk yang dihasilkan di desa wisata  tersebut. 

Festival Kreatif Lokal juga melibatkan sepuluh komunitas motor untuk melakukan touring dan menikmati paket wisata di tempat yang dikunjungi dalam program Desa Wisata Ramah Berkendara. Sebagai orang yang suka bepergian, kegiatan seperti ini saya dukung karena bisa membuka lapangan pekerjaan baru di bidang pariwisata dan mendorong UKM agar produktif secara konsisten. 

sumber : festivalkreatiflokal2022.com
sumber : festivalkreatiflokal2022.com

Desa Wisata yang akan didatangi oleh Adira Finance ialah Desa Wisata Alamendah di Jawa Barat besok tanggal 5 April 2022. Desa ini memiliki potensi kopi, pemandangan alam di Ranca Upas dan Ciwidey yang menarik untuk didatangi.

Ide dari saya dari festival ini selain mengajak komunitas motor untuk touring ialah melibatkan mereka untuk kegiatan sosial seperti mendonasikan buku untuk taman baca anak-anak, mengadakan edukasi memilah sampah untuk warga desa dan mengadakan pemeriksaan kesehatan bagi penduduk desa wisata. 

sumber : festivalkreatiflokal2022.com
sumber : festivalkreatiflokal2022.com

Sehingga desa wisata bukan hanya meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif masyarakat pedesaan tapi juga mendorong jiwa sosial komunitas motor untuk saling berbagi. Sehingga komunitas motor punya peranan dalam mendukung suksesnya  Festival Kreatif Lokal 2022. 

Semoga di tahun depan, Desa Wisata tidak hanya di pulau Jawa dan Bali tapi juga bisa ke Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan lainnya sehingga semakin banyak masyarakat yang kreatif mengembangkan potensi daerahnya serta anak muda banyak yang bangga akan budaya Indonesia. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun