Mohon tunggu...
Nur Annisa Hamid
Nur Annisa Hamid Mohon Tunggu... blogger dan content creator

seorang wanita yang hobi travelling, menulis dan menyukai anak-anak selalu berfikir positif dan bersyukur dalam segala hal

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Jakhumfest 2020 Ajak Generasi Milenial Empati Terhadap Sesama

29 Januari 2020   22:56 Diperbarui: 29 Januari 2020   23:02 48 0 0 Mohon Tunggu...

Selama tiga tahun terakhir, penggunaan gadget untuk berbagai keperluan sehari-hari semakin meningkat. Bukan sekedar untuk menelpon atau mengirim pesan tapi juga untuk belanja bahkan memberikan bantuan kepada sesama.

Bencana banjir pada awal tahun 2020 terjadi di daerah Jabodetabek, membuat banyak orang terkena dampaknya. Beberapa teman di wilayah Bekasi, Tangerang, Depok dan Bogor terpaksa mengungsi karena rumahnya terkena lumpur. 

Beruntunglah saya tidak terkena banjir, namun saya juga prihatin dengan banjir tersebut. Sempat ingin memberi bantuan ke lokasi, tapi karena akses yang cukup sulit dilewati maka teman merekomendasikan memberi bantuan melalui lembaga filantropi dengan mentransfer sejumlah uang. 

Tren teknologi ini lah yang membuat Dompet Dhuafa menyasar generasi milenial dan gen Z agar terlibat dalam kegiatan sosial dengan cara mudah. Salah satunya dengan kegiatan Jakhumfest atau Jakarta Humanity Festival 2020 yang diadakan tanggal 26 Januari 2020 di M bloc Space. 

Acara yang diadakan kedua kalinya ini memiliki rangkaian kegiatan mulai dari Talkshow, workshop melukis payung, bazaar, pameran foto dan konser musik. Saya datang dari jam 14.00 kemudian melihat bazaar baju preloved artis atau influencer yang bekerja sama dengan Tokopedia seperti Sandra Dewi, Jessica Iskandar dan Ayu Gani. 

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Harga bazaar terjangkau dari Rp 25.000 sampai Rp 100.000 pembayaran dengan Ovo dan Tokopedia Salam yang akan disalurkan untuk donasi melalui Dompet Dhuafa. Setelah melihat beberapa baju dan celana saya mendapatkan baju Zara berwarna biru seharga Rp 50.000. Senang rasanya bisa membeli baju bagus sekaligus memberikan donasi. 

dokpri
dokpri
Selanjutnya saya mengikuti talkshow humanity dengan pembicara mas Awaluddin GM Pengurangan Resiko Bencana Dompet Dhuafa, mas Iman Cinderamata dari Tokopedia, Chiki Fawzi dan mas Adhe relawan kemanusiaan Dompet Dhuafa. Mas Awal dan Mas Adhe memiliki cerita inspiratif bagaimana terjun ke masyarakat mengedukasi pentingnya mitigasi bencana. 

dokpri
dokpri
Sedangkan Chiki berbagi pengalaman dengan banyak mengikuti kegiatan positif membuat dirinya bahagia karena bisa menebar manfaat di banyak tempat. Sedangkan mas Iman menjelaskan fitur Tokopedia Salam yang sudah bekerja sama dengan Dompet Dhuafa mengumpulkan donasi dari masyarakat. 

dokpri
dokpri
Tokopedia Salam memudahkan generasi milenial berdonasi secara rutin dimulai Rp 10.000 dengan auto debet bulanan jika memiliki keterbatasan waktu atau ingin praktis berdonasi kapan pun. Kedepannya Tokopedia akan menambah jumlah partner dan kegiatan yang bisa dibantu agar masyarakat bisa ikut terlibat memberikan donasi di kegiatan lingkungan atau lainnya. 

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Setelah sholat ashar, saya mengikuti workshop melukis payung dipandu Chiki Fawzi yang berbakat melukis. Kegiatan melukis payung sebelumnya diadakan Chiki Fawzi dan Wardah di beberapa daerah agar menambah keterampilan masyarakat. Bersama teman, saya melukis empat elemen kehidupan yaitu air, api, bumi dan udara. 

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Peserta lainnya juga melukis dengan bagus seperti acara Jakhumfest, buah tropis dan peta Indonesia. Salah satu juara melukiskan Indonesia dengan warna yang indah sebagai bentuk kecintaan mereka apalagi kepulauan Natuna kemarin sempat ramai diperbincangkan. Sebuah kegiatan yang bagus bagi anak muda untuk menyalurkan jiwa seni dan nasionalisme secara bersamaan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x