Mohon tunggu...
Saryanto Jaken
Saryanto Jaken Mohon Tunggu... Pen
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Follow

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Antisipasi Banjir, Bati Wanwil Koramil Kayen Bantu Warga Tinggikan Tanggul

20 September 2019   14:35 Diperbarui: 20 September 2019   14:42 0 0 0 Mohon Tunggu...
Antisipasi Banjir, Bati Wanwil Koramil Kayen Bantu Warga Tinggikan Tanggul
Bati Wanwil Koramil Kayen bantu warga tinggikan talut atau tanggul sungai | Dokumentasi pribadi

Pati- Antisipasi akan datangnya musim penghujan yang sebentar lagi datang, Bati wanwil Koramil Kayen Serka Slamet bersama masyarakat dukuh Carik'an Rt 09 dan Rt 01 /Rw 3  desa Kayen kecamatan kayen  melaksanakan kerja bakti pembuatan talut/tanggul. Jumat,20/09/2019.

Belajar pada pengalaman tahun yang lalu, kondisi sungai kayen tidak dapat menampung debet air yang datang sehingga air meluap sampai ke pemukiman warga. Genangan  air tahun lalu mencapai ketinggian 60 sampai 70 cm sehingga menghambat aktivitas serta kenyamanan warga.

(Foto slm) 
(Foto slm) 
Dengan adanya kejadian tersebut, warga kedua RT tersebut bersama Bati Wanwil Koramil Kayen Serka Slamet  berinisiatif  yakni dengan membuat talut/tanggul dari batako /ompak  sepanjang 250 meter dengan ketinggian  60 cm untuk mangantisipasi banjir serupa.

Dengan dibuatnya tanggul tersebut warga berharap pada saat musim penghujan datang dapat mengurangi resiko luapan air yang akan menuju pemukiman warga. Sedangkan sumber dana pembuatan tanggul ini berasal dari dana swadaya masyarakat sendiri/ iuran  warga.

Dihubungi melalui sambungan telepon, Serka Slamet mengatakan, "Untuk pembuatan talut atau tanggul ini memang kami gagas bersama warga karena belajar dari pengalaman tahun yang lalu, pemukiman warga sampai tergenang sampai 60 cm karena debet air di sungai yang tidak dapat ditampung sungai hingga meluber,"

"Kami berharap pembuatan tanggul atau talut ini dapat menahan / minimal mengurangi jika nanti sungai mulai meluap," kata Slamet.(Snpt/Pendim)

KONTEN MENARIK LAINNYA
x