Mohon tunggu...
SARNIDA SAMALOISA
SARNIDA SAMALOISA Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - simpan

semoga artikel pembelajaran ini dapat diablikasikan dalam kehidupan sekarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pendidikan Abad 21

28 Oktober 2021   09:37 Diperbarui: 28 Oktober 2021   09:49 89 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Abstrak 

Pembelajaran abad 21, pemerintah telah menyiapkan keterampilan hidup melalui reformasi pendidikan yang membawa perubahan baru dan cara terbaik untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut. Adapun perubahannya yaitu pendidikan bukan hanya untuk mempersiapkan keterampilan peserta didik agar siap bersaing di dunia kerja melainkan juga pendidikan mampu membentuk kemampuan berpikir tingkat tinggi dan karakter unggul peserta didik. Tujuan artikel ini adalah membekali siswa dengan kemampuan bidang literasi ilmu dan peduli lingkungan yang harus dikuasai siswa untuk menjawab tantanga kehidup pada abad 21. Artikel ini adalah artikel studi literatur yang mengkaji buku dan jurnal. Hasil artikel ini adalah siswa mampu memiliki SDM yang berorientasi pada kerja pikiran dan rama lingkungan. Kesimpulan artikel ini adalah GLS adalah gerakan partisipatif warga sekolah untuk mewujudkan sekolah literat melalui pembiasaan. Imlikasi yang dilakukan oleh guru dengan melakukan pembelajaran 4C, literasi dengan multiliterasi dan GLS.

Kata kunci: pembelajaran abad 21

 

Abstract

In the 21st-century digital era, the government has prepared life skills through educational reforms that bring new changes and the best ways to achieve these educational goals. The changes are an education not only to prepare students' skills to be ready to compete in the world of work but also education to be able to form high-level thinking skills and superior character of students. The purpose of this study is to equip students with the ability in the field of scientific literacy and environmental care that must be mastered by students to answer the challenges of life in the 21st century. The method of this research is the method of literature study that studies books and journals. The results of this study are that students are able to have HR that is work-oriented and environmentally friendly. The conclusion of this study is that GLS is a participatory movement of school people to realize school literacy through habituation. Implications were carried out by teachers by conducting 4C learning, literacy with multiliterate, and GLS.

Keywords: 21st-century learning

 

 

PENDAHULUAN 

            Pembelajaran abad 21 dituntut berbasis teknologi untuk menyeimbangkan tuntutan zaman era milenia dengan tujuan, nantinya peserta didik terbiasa dengan kecakapan hidup abad 21. Sejalan dengan pendapat tersebut ( Greentein, 2012) menyatakan bahwa siswa yang hidup pada abad 21 harus menguasai keilmuan, berketerampilan metakognitif, mampu berpikir kritis dan kreatif, serta biasa berkomunikasi atau berkolaborasi yang efektis, keadaan ini menggambarkan adanya kesenjangan anatara harapan dan kenyataan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan