Mohon tunggu...
Dr. Sarmini
Dr. Sarmini Mohon Tunggu... Guru dan Dosen

Guru dan dosen S1 : Pendidikan S2 : manajemen Pendidikan S3 : MSDM

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Puasa dan Manajemen Waktu

13 April 2021   09:14 Diperbarui: 13 April 2021   15:26 208 5 0 Mohon Tunggu...

Oleh Dr. Sarmini, S.Pd.,MM.Pd

Bulan Ramadhan telah tiba. Hari pertama Bulan Ramadhan 1442 Hijriah tepatnya  jatuh pada hari ini, Senin, 13 April 2021. Bulan di mana kedatangannya selalu ditunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Karena di bulan ini banyak keistimewaan-keistimewaan dalam nilai ibadah. Dan di bulan inilah umat Islam menjalankan puasa sebulan penuh untuk memenuhi Rukun Islam yang ke-3.

Tetapi sayang, di bulan yang suci ini sering kita  merasakan tidak produktif, dikarenakan sedang puasa sehingga malas, lapar, lemah dan semua jadual tersendat tidak seperti di bulan normal lainnya. Mengapa ? Padahal bulan ini adalah bulan mulia yang mana justru kita harus mengisinya dengan istimewa juga. Bagaimana kita dapat mengatur aktivitas dengan Manajemen Waktu kita agar tetap produktif ?

Baiklah pertama kita akan bahas terlebih dahulu, mengapa bulan Ramadhan banyak sekali keistimewaannya, dan apa saja keistimewaan bulan mulia ini?

1. Terdapat malam istimewa, yaitu Malam Lailatul Qadar yaitu malam diturunkannya Al Quran
"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan," (QS Al Qadr 1-3).

Surat Al-Baqarah ayat 185, "Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan bagi petunjuk, dan furqan (pembeda).

2. Bulan Dikabulkannya Do'a-do'a
Ayat Al Quran surat Al baqarah ayat 183-187. Dalam ayat-ayat tersebut diisyaratkan beberapa ibadah, yaitu: Puasa, Al Quran, doa, dan I'tikaf.
Khusus tentang  doa, Allah Ta'ala sebutkan dalam ayat ke 186. Yang artinya : " Apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka jawablah, bahwasanya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaKu, maka hendaklah mereka itu memenuhi perintahKu dan hendaklah mereka beriman kepadaKu, agar mereka selalu berada dalam kebenaran".

3. Nilai yang berlipatganda dalam setiap amalan 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,yang artinya "Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta'ala berfirman (yang artinya), "Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi." (HR. Bukhari no. 1904, 5927 dan Muslim no. 1151)

4. Bulan yang Penuh Keberkahan
Sebagaimana hadits yang terdapat dalam ash-Shahihain dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda yang artinya "Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena keimanan dan mengharapkan pahala (dari Allah Subhanahu wa Ta'ala), niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

5. Bulan dibukanya pintu-pintu kebaikan
Hadits yang diiriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,, yaitu apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu langit dibuka, sedangkan pintu -- pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu.
Ramadhan adalah bulan terbaik di mana kesempatan untuk berbuat amal kebaikan terbuka seluas luasnya dan tidak ada bulan dimana pintu kebaikan dibuka hingga seperti di bulan ramadhan dan memiliki banyak pahala seperti pahala sahur di bulan Ramadhan, pahala zakat di bulan ramadhan, dan berbagai kebaikan lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x