Mohon tunggu...
Wisno
Wisno Mohon Tunggu... Konsultan - konsultan finishing

Furniture, woodworking, kayu, finishing, berkebun, blogging, pencak silat www.interior.wisno.co.id

Selanjutnya

Tutup

Home Artikel Utama

Septic Tank Resapan yang Anti Mampet dan Anti Penuh

27 Maret 2023   19:21 Diperbarui: 29 Maret 2023   10:46 1191
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(SHUTTERSTOCK / Artem Bruk via KOMPAS.com)

Seringkali pada saat membangun dan memilih rumah, banyak orang lebih memikirkan bagaimana design rumah, bentuk bangunan, bentuk atap, warna cat dan berbagai macam unsur keindahan lainnya, namun sering melupakan keberadaan septic tank.

Septic tank, sering dianggap hal yang "kotor", membuat orang mudah mengabaikannya. Padahal septic tank merupakan hal dasar yang harus dirancang dengan benar supaya bisa berfungsi dengan baik. Seberapa bagusnya rumah atau seberapa megah bangunan, akan menjadi tidak menarik lagi apabila septic tank nya tidak berfungsi dengan baik.

Lebih dari itu, kesalahan dalam pembuatan septic tank bisa mengakibatkan masalah besar yang sangat merepotkan dan seringkali membutuhkan biaya yang mahal untuk perbaikannya

Septic tank resapan

Septic tank ada 2 macam yaitu septik tank yang tertutup dan septic tank yang terbuka.

Septic tank yang tertutup ini adalah septik tank yang dibuat dari tangki atau bak yang tertutup rapat. Semua air dan limbah yang masuk ke septic tank ini akan tersmpan dalam tanki tersebut tanpa ada yang keluar. Pada waktu-waktu tertentu septic tank ini akan penuh dan isinya harus dikeluarkan.

Untungnya pembersihan septic tank pada saat ini dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan memanggil perusahaan jasa penyedot wc dan septic tank yang bisa menguras dan membersihkan septic tank ini supaya dapat berfungsi kembali.

Namun demikian kalau septic tank cepat penuh, maka ongkos pembersihan septic tank bisa merupakan biaya rutin yang tidak sedikit juga. 

Septic tank yang kedua adalah septic tank terbuka atau septic tank resapan. Septic ini dibuat berupa bak atau tangki yang tertutup di bagian atasnya, namun dengan bagian bawah atau dasar dari tangki adalah tanah. Tidak ada lantai semen atau konstruksi cor di lantai atau dasar dari bak septic tank.

Septic tank model ini memungkinkan air yang masuk ke dalamnya dapat meresap ke dalam tanah, karena itu sering juga dinamakan sebagai septic tank resapan. Pada saat septic tank ini digunakan, maka yang tertinggal dalam tanki ini hanyalah partikel padatan saja, sementara air akan masuk dan meresap ke dalam tanah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun