Mohon tunggu...
Erni Lubis
Erni Lubis Mohon Tunggu... Menikmati kehidupan

bersuara dengan tulisan

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Film "Bebas" dan Relevansinya dengan Real Life

7 Oktober 2019   03:30 Diperbarui: 7 Oktober 2019   03:36 547 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Film "Bebas" dan Relevansinya dengan Real Life
dokumentasi miles film

Sinopsis Film Bebas

Film Bebas, yang diadaptasi dari drama korea berjudul Sunny, menggambarkan drama dengan alur flashback ke masa lalu di tahun 1995. Film ini menceritakan tentang seorang ketua geng bebas tahun 1995, Krisdayanti, yang sakit parah dan di diagnosa dokter meninggal 2 bulan lagi. 

Vina Panduwinata, yang sedang menjenguk ibunya, tidak sengaja melihat nama Krisdayanti di kamar sebelah. Ternyata itu adalah temannya di geng bebas dahulu. Krisdayanti meminta Vina mencari keempat teman gangnya dahulu, yaitu Jessika, Gina, Suci, dan Jojo.

Vina, sebagai tokoh utama di film tersebut, di tahun 1995, diceritakan sebagai gadis dari Sumedang yang pindah ke Jakarta. Logat Sumedang dan karakternya yang unik, berhasil membuat ia ditarik menjadi anggota geng bebas.

Konflik Vina setelah dewasa adalah dia merasa hidupnya tidak bebas. Ia menjadi seorang istri dari suami yang sibuk, dan ibu dari seorang anak yang cuek dan tertutup, cenderung seperti remaja zaman sekarang.

Melalui gurunya waktu SMA, Vina menemukan Jessika. Ia bekerja sebagai pegawai assuransi yang selalu memiliki rating rendah di perusahaannya. Meski demikian, hobby ingin terlihat cantik dengan melukis (menyulam) alis masih menjadi prioritas  Jessika.

Melalui Dendy, seorang depkoleptor sekaligus teman SMA mereka, yang sering menyanyikan lagu "di dadaku" untuk Vina waktu SMA, mereka akhirnya menemukan Jojo.

dokumentasi miles film
dokumentasi miles film
Jojo, dari 6 orang di grup bebas, dia laki-laki sendiri dan diterima di gang tersebut karena jago dance. Ia telah menjadi pebisnis sukses meneruskan usaha papanya. Namun ia memiliki permasalahan terkait hubungan dengan lawan jenis, dan pernah gagal menikah.

Vina dan Jojo akhirnya menemukan Gina. Gina yang waktu SMA dikenal sebagai seorang yang galak tapi baik, ia juga anak orang kaya dengan ibu single parents. Setelah dewasa kehidupan merubah nasibnya. Orang tuanya bangkrut dan dia jatuh miskin dengan hutang yang cukup besar.

Tokoh terakhir adalah Suci. Di tahun 1995 ia diceritakan sebagai gadis model, cantik, dan disukai banyak laki-laki. Kisah tragis Suci yang terkena pecahan botol karena keributan geng bebas dengan salah satu teman mereka yang pecandu narkoba, kesepian, arkoholic, dan mesum.

Akhirnya memutus persahabatan mereka. Mereka dikeluarkan dari sekolah dan tidak pernah berkomunikasi. Setelah itu, Suci tak ada kabar, dan diakhir film, ia muncul sebagai penutup film, setelah Krisdayanti meninggal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x