Mohon tunggu...
Sarianto Togatorop
Sarianto Togatorop Mohon Tunggu... Guru - Pengajar yang menyukai kebebasan

Seseorang yang tak tahu kalau dia ada

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Lebaran yang Unik

24 Mei 2020   22:04 Diperbarui: 24 Mei 2020   23:15 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
TribunLampung/Dodi Kurniawan

Izinkan saya mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin, Selamat Idul Fitri 1441 H, maafkanlah saya lahir dan batin. Karena saya sudah minta maaf, jadi kalau tulisan saya ini kurang berkenan, saya rasa pembaca yang baik akan memberikan maaf yang tulus buat saya. Mudah-mudahan beberapa baris kalimat saya ini bisa menambah suka cita berlebaran.

Hari ini sahabat-sahabat saya yang Muslim merayakan hari kemenangan. Ucapan “Selamat Idul Fitri – Mohon maaf lahir dan batin” berseliweran hampir di semua medsos. Suatu tradisi baik yang masih terpelihara hingga saat ini. Hampir semua group Whatsapp membunyikan ucapan yang sama. Pokoknya hari ini hari yang ramai buat gadget saya.

Pagi tadi, seorang siswaku mengirim pesan lewat Mesenger: “Bapakkk... Selamat Idul Fitri ya Pak. Mohon maaf ya pak kalau selama ini ada kata-kataku yang salah atau aku sering buat bapak marah. Aku sayang bapakkk.” Ohh manisnya, membuat mataku berkaca-kaca. Biasanya di lebaran-lebaran sebelumnya dia gak pernah seantusias itu mengucapkan selamat Idul Fitri. Paling hanya membawakan saya sisa kue lebarannya, sambil senyum dan menyalami. Mungkin efek sudah lama tidak bertemu karena Belajar dari Rumah (BDR).

Ramadhan menjadi kesempatan yang baik baginya untuk menikmati rindu pada dekatnya kebersamaan secara fisik. Masa puasa dalam situasi pandemi memaksanya lebih banyak beribadah di rumah telah sedikit mendewasakannya. Ia tak mau kehilangan kehangatan Idul Fitri walau sebatas meberi salam dari jauh. Itu tak mengurangi nilai bersihnya hati kala saling bermaafan.

Lebaran tahun ini menjadi lebaran yang unik. Bagaimana tidak, dulu kita terbiasa dengan lebaran harus mudik, sekarang kita lebaran dengan #JanganMudik. Kita terbiasa sungkem saat saling bermaafan. 

Sekarang kita bermaafan dengan Video Call. Dulu kita lebaran dengan ramainya takbiran, sekarang kita lebaran dengan berdiam diri dan menggemakan takbir sendiri di rumah kita.

 Dulu kita lebaran dengan sholat Id di Masjid dalam situasi yang ramai, sekarang kita lebaran dengan sholat Id di rumah. Dulu kita lebaran dengan saling mengunjungi, sekarang kita lebaran dengan pesan suara yang mengunjungi.

Terasa lain memang. Dan banyak yang tak bisa menerima situasi ini. Mencoba mengulang situasi lebaran seperti sebelumnya. Ada yang berupaya tetap mudik dan ada yang berjejalan di mall untuk belanja pakaian baru, supaya lebaranya tetap seperti sebelumnya.

Lebaran tahun ini akan terasa unik bagi mereka yang peka melihat berkah dalam situasi ini. Ini bukan musibah, lebaran tak akan rusak oleh pandemi ini. Hanya cara kita mengartikannya yang perlu kita rubah. 

Mari melihat ini sebagai kesempatan merayakan kemenangan dengan cara yang berbeda. Apakah kita baru dikatakan menang jika lebaran kita sama seperti lebaran sebelumnya? Bukan. Kemenangan kita tetap lengkap, bahkan terasa lebih bernilai, sebab kita menjalaninya dengan cara yang lebih rumit dari tahun sebelumnya. 

Kita harus menjalani puasa Ramadhan yang menuntut kita lebih banyak beribadah di rumah. Tapi untungnya, kita jadi punya lebih banyak waktu untuk menikmati ibadah kita di rumah. Bukankah perjuangan yang berat menghasilkan penghargaan yang besar pula?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun