Mohon tunggu...
Sariah
Sariah Mohon Tunggu... Mahasiswa - newbie

masih belajar

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

"Woven Palm Stick" Ide Usaha dari Pasaman Barat

21 Januari 2022   21:31 Diperbarui: 21 Januari 2022   21:34 127 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Ringkasan Eksekutif

Indonesia merupakan negara yang sangat melimpah akan kekayaan alamnya, sehingga Indonesia juga disebut dengan negara agraris. Salah satu kekayaan Indonesia dalam segi pertanian dan perkebunan.

Di kabupaten Pasaman Barat Komoditas perkebunan kelapa sawit sangat melimpah. Sehingga tidak heran jika pasaman barat dikenal dengan kota sawit.

Tapi meski demikian yang komponen yang dimanfaatkan masyarakat dari tanaman kelapa sawit hanya berupa buah nya. Sementara pelepah kelapa sawit hanya terbuang begitu saja. Padahal ada lidi sawit yang bisa dimanfaatkan menjadi sebuah produk yang memiliki nilai seni dan guna jika mampu mengolahnya dengan baik.

Produk yang bisa dihasilkan dari lidi sawit contohnya adalah anyaman piring dan tempat yang sehingga komponen dari pelepah sawit bisa termanfaatkan dan tidak terbuang begitu saja.ZA

 “WOVEN PALM STICK” merupakan salah satu produk kerajinan yang dibuat dari anyaman lidi sawit. Souvenir tersebut diciptakan karena banyaknya tanaman sawit di Pasaman Barat dari lidi sawit yang terbuang sia-sia. Anyaman tersebut memiliki nilai guna dan nilai ekonomis tentunya.

GAMBARAN UNIT BISNIS

Bangsa Indonesia dikenal dunia sebagai bangsa yang memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Namun disamping itu, sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki tidak sepadan dengan melimpahnya kekayaan alam tersebut. Hal itulah yang membuat para penjajah dapat bertahan lama dalam menduduki wilayah Indonesia dan mereka memanfaatkan keadaan tersebut untuk kepentingan mereka sendiri tanpa memberi imbalan pada penduduk pribumi sendiri.

Setelah bangsa Indonesia merdeka dan mengenal teknologi seperti saat ini, tetap saja bangsa Indonesia belum sepenuhnya memanfaatkan kekayaan alam yang melimpah tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Terbukti dengan masih banyaknya Indonesia mengimpor kebutuhan-kebutuhan yang dibutuhkan masyarakatnya. Padahal jika dilihat dari kekayaan alam yang melimpah, banyak sekali komoditi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia dan bila perlu Indonesia dapat mengekspor komoditi tersebut. Komoditi yang melimpah tersebut salah satunya adalah tanaman kelapa sawit.

Yang dapat ditemui dari hasil tanaman Kelapa Sawit biasanya berupa minyak sawit. Sekarang ini, banyak masyarakat yang hanya berlomba-lomba memperoleh buah sawit untuk dijual. Tapi tidak membiarkan pelepah sawit terbuang begitu saja, padahal terdapat lidi yang sangat berlimpah bisa dimanfaatkan dan bernilai ekonomis.

Lidi sawit dapat dengan sangat mudah diperoleh karena pada saat panen sawit pelepah sawit harus diturunkan dulu agar buahnya  mudah jatuh pada saat panen. Sehingga sebenarnya memperoleh lidi sawit tidak terlalu susah hanya perlu membersihkan daun sawit dengan merautnya hingga bersih.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan