Mohon tunggu...
Sari Agustia
Sari Agustia Mohon Tunggu... Penulis - IRT, Penulis lepas

Tia, pangillan akrabnya, menekuni menulis sejak tahun 2013 sampai sekarang. Sebuah karyanya, novel Love Fate, terbit di Elex Media Komputindo pada tahun 2014. Saat ini aktif menulis bersama beberapa komunitas dan Indscript Creative

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Makanan Menyehatkan Bukan Hanya Sekadar Makan

25 Oktober 2021   20:55 Diperbarui: 25 Oktober 2021   21:12 146 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sudah tidak diragukan bahwa manusia perlu makan supaya bisa tetap hidup. Dengan makan, tubuh bisa berkembang, cairan tubuh bisa terjaga, tahan terhadap berbagai penyakit, dan ada energi untuk beraktivitas.

Sayangnya, kemudian ada beberapa orang yang jika makan menjadi masalah baginya. Sebagai contoh hal tersebut adalah menjadikannya sakit, berat badan berlebih, atau membuat depresi. Kasus pertama makanan bisa berbahaya jika seseorang memiliki penyakit tertentu dan mengonsumsi pantangannya, misal penderita diabetes memakan gula terlalu banyak. 

Bagi penderita bulimia, makan adalah seperti dosa yang membuatnya tersiksa sehingga harus memuntakan kembali setelah makan. Masalah juga bagi seseorang yang menjalani diet, sehingga harus membatasi makannya. Padahal, diet bukan berarti tidak makan, tetapi mengaturnya supaya tepat.

Untuk kasus pertama dan kedua, maka tidak ada solusi lain kecuali mencari bantuan profesional kesehatan. Untuk seseorang dengan penyakit tertentu harus tahu makanan apa yang pantang baginya dan bisa mencari alternatif lain yang sesuai. Sedangkan, bagi penderita bulimia dan sejenisnya maka harus diobati dulu penyakit kejiwaan yang mengikutinya.

Lain hal dengan diet yang sering kita juga lakukan. Pada dasarnya, baik untuk bisa berkonsultasi dengan dokter gizi demi mendapatkan saran yang tepat. Namun, informasi tentang diet yang benar pun bisa mudah diperoleh di internet sekarang ini. Beberapa hal terkait diet dari informasi yang saya dapat dan pengalaman pribadi adalah sebagai berikut:

  1. Makan dengan sadar. Bukan berarti kita ini makan sambil tidur atau pingsan. Melainkan, makan harus dengan keadaan yang tenang dan menikmati makanannya. Salah satunya adalah makan tanpa melihat televisi/gadget. Makan dengan perhatian yang terbelah akan membuat yang sedang makan tidak sadar berapa banyak makanan yang sudah masuk ke tubuh dan kurang menikmati rasa makanan. Lain halnya jika makan bersama keluarga, justru sangat dianjurkan untuk bonding dan menambahkan keharmonisan keluarga. Hindari gadget pada saat itu.
  2. Diet bukan berarti tidak makan. Banyak yang salah kaprah menduga berat badan akan cepat turun ketika tidak makan. Justru sebaliknya, kita bisa kehilangan zat-zat penting yang diperlukan tubuh dan akan fatal akibatnya. Lebih parah, Ketika keinginan makan sangat ditekan, akan muncul keinginan yang lebih kuat sulit dibendung setelahnya.
  3. Tetap berolahraga. Sepertinya ini yang paling berhasil banyak teman saya lakukan. Bagaimana pun mengimbangi makan dengan olahraga adalah yang terbaik. Ujiannya kita harus konsisten melakukannya.
  4. No Emotional Eater. Sedang stres dan memilih makan bukan hal yang baik. Jika Anda memiliki masalah tersebut maka sesungguhnya bisa jadi pencetus stresnya dulu yang harus diobati.

Demikian, makanan bisa membawa kebaikan bagi tubuh asalkan benar perlakuannya. Sesungguhnya bagaimana kita makan pun akan sangat punya peranan untuk menyehatkan badan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan